Bahaya Menggunakan Software Windows Bajakan

Banyak banget pengguna PC di Indonesia yang masih menggunakan software Windows bajakan. Ngaku aja deh, kamu salah satunya kan? Tapi tau nggak sih kamu, ternyata ada sesuatu yang mengerikan menghantui komputer atau laptop milikmu.

Pasalnya, Microsoft dalam sebuah studi Dangers of Counterfeit Software Study 2013 mengungkapkan bahwa software bajakan tidak 100% serupa dengan software yang asli. Ini dia 5 bahaya Menggunakan Software Windows Bajakan.


Bahaya Menggunakan Software Windows Bajakan

1. Jadi Tempat Bersarangnya Malware

berkembang-biaknya-virus 
Software bajakan merupakan tempat bersarangnya malware. Malware mungkin saja akan dengan mudah menempatkan pengguna pada resiko pencurian informasi atau data pribadi dan lainnya yang sifatnya adalah rahasia. Bahkan pencurian data rekening bank juga akan dapat dengan mudah dilakukan oleh software-software Windows bajakan.

2. Efek Samping Kinerja dan Fungsi PC yang Buruk

pc-rusakPenggunaan software bajakan juga memiliki efek samping yang buruk pada kinerja dan fungsi PC, baik PC untuk penggunaan di rumah ataupun kantor. Memang penggunaan software bajakan bisa menghemat uang untuk jangka pendek. Namun dari segi keamanan PC tidak terjamin.

3. Virus Software Bajakan Dapat Merusak, Membekukan, dan Menghilangkan Data

data-hilang
Seperti yang kita tahu, tidak ada yang bagus dari sebuah virus. Virus diciptakan untuk merusak, bahkan menghilangkan data yang telah disimpan dalam sebuah perangkat. Kamu harus ekstra hati-hati dalam menggunakan software Windows bajakan. Siapa tau suatu saat kamu bisa kehilangan data yang telah kamu simpan.

4. Tempat Berkembang Biak Virus Tanpa Sepengetahuan Konsumen

virus-kembang-biak
Tanpa sepengetahuan kamu, virus mudah berkembang biak di software bajakan yang minim sekali fitur keamanannya. Kalau sudah begini, kamu harus optimalkan PC/laptop milikmu dengan Antivirus yang kuat, bukan yang abal-abal.

5. Kebanyakan Software Windows Bajakan Tidak Memiliki Fitur Keamanan

fitur-keamanan-yang-kurang
Ya namanya juga bajakan, mau lebih? Beli yang asli. Kalaupun kamu masih memilih software Windows bajakan, ada baiknya kamu memperketat keamanan PC atau laptopmu dengan Antivirus jempolan (jangan yang abal-abal).

Saya menyarankan agar pengguna PC/laptop menggunakan software Windows yang original, bukan yang bajakan. Keuntungannya adalah software original dapat bekerja maksimal dengan perangkat PC dan pengguna juga bisa mengakses update untuk mendukung keamanan PC. Jadi keamanan data penting kamu yang bersifat pribadi juga terjamin.



Selain bahaya menggunakan software Windows bajakan di atas, menurut kamu ada lagi kah bahaya lainnya yang mengintai pengguna software Windows bajakan? Jika ada, tulis pada kolom komentar di bawah ini ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Artikel