Cara agar bisa membuat file APK aplikasi android sendiri

Android saat ini mampu menjadi salah satu sistem operasi mobile yang sangat populer di dunia, selain open source dan terus mendapatkan support dari google, android juga memiliki banyak sekali aplikasi pendukung yang siap di download dan di instal di perangkat android yang anda miliki secara gratis maupun berbayar.

Sampai hari ini ada banyak sekali aplikasi android dengan berbagai genre yang dibuat oleh programmer-programmer di seluruh dunia, alasan mereka membuat aplikasi android dan diupload di google playstore adalah karena ingin mendapatkan uang atau penghasilan secara online dengan cara bekerja sama dengan publisher iklan  google admob.

 Bisa jadi anda merupakan salah satu pengguna hp android yang saat ini mungkin tertarik ingin membuat aplikasi android, tapi sayangnya anda tidak tau caranya bagaimana.

Perlu anda ketahui bahwa untuk bisa menciptakan aplikasi android sendiri, maka anda harus menguasai bahasa pemrograman berorientasi objek yaitu java, jika anda memiliki kemampuan maka anda akan dengan mudah mengembangkan sebuah aplikasi android sesuaid engan keinginan dan inovasi anda.

Namun jika anda tidak memiliki kemampuan bahasa pemrograman, anda juga tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak sekali tool-tool baik online maupun offline yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android secara instance tanpa harus mengerti bahasa pemrograman.


Cara agar bisa membuat file APK aplikasi android sendiri

Untuk anda yang tertarik dengan dunia android terutama untuk menciptakan aplikasi android sendiri, seperti game, aplikasi utilitas, dan aplikasi lainnya, namun anda belum mengetahui caranya, maka diartikel kali ini saya akan coba memberikan informasi untuk anda bagaimana cara membuat aplkikasi android sendiri.

Ada 2 cara untuk membuat aplikasi android, yang pertama dengan bahasa pemrograman android dan yang kedua tanpa bahasa pemrograman,

Untuk anda yang ingin menjadi pengembang aplikasi android tentu harus menguasai bahasa pemrograman, namun untuk anda yang memiliki keterbatasan terhadap bahasa pemrograman atau tidak memahami bahasa pemrograman sama sekali, maka anda bisa menggunakan tool khusus untuk membuat apliksi android secara instance.


1. Menjadi pengembang android Dengan bahasa pemrograman

Ini khusus untuk anda yang inging menjadi pengembang android profesional, maka kemampuan yang harus anda miliki adalah sebagai berikut:

a. Kuasai bahasa pemrograman framework android

Framework dasar untuk mengembangkan aplikasi android adalah android sdk, tool ini merupakan framework khusus yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman java.

Namun seiring dengan perkembangannya, banyak para programmer-programmer berpengalaman mengembangkan beberapa framework android baik yang menggunakan bahasa pemograman murni ataupun bahasa pemrograman lainnya.

Dibuatnya frame bertujuan untuk membuat pengembangan android menjadi lebih mudah. beberapa framework yang cukup dikenal saat ini diantaranya  adalah:

Framework Game enggine, untuk mengembangkan game android:

a. LibGDX.
b. Unity
c. godot
d. Game maker studio
e.Monkey X Pro
f. Constuct 2
g. dll

Framework untuk mengembangkan aplikasi android selain game:
a. Cordova / Phonegap
b. jQuery Mobile
c. Framework7
d. Ionic
e. Mobile angular UI
f. dll

Yang harus anda pilih tentu saja yang paling populer dan banyak digunakan, agar support terhadap bug dan kendala terhadap pemula banyak yang membahasnya secara online.


Kalo menurut saya sih, agar anda bisa menjadi pengembang aplikasi android berpengalaman, maka pelajari bahasa pemrograman framework android, jika anda mampu menguasainya maka anda akan dengan mudah menciptakan aplikasi android apapun.

Untuk mempelajarinya perintah framewok android, anda bisa mengunjungi situs resmi android developer, di situs tersebut tersedia dokumentasi dan tutorial yang cukup lengkap untuk mengembangkan aplikasi android.

b. Kuasai cara menggunakan IDE mengembangkan Android

Untuk mengembangkan android dengan bahasa pemrograman, maka anda harus menggunakan  IDE, IDE atau integrated Development Environment adalah software atau aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengetikan perintah android. software ini biasanya sudah terintegrasi dengan Kompiler atau interpreter android yang dapat digunakan untuk running menjalankan projek android atau melakukan debugging dan juga testing atau mengkompilasi source code (SC) android yang anda buat hingga menjadi APK yang siap di upload di google play store.

IDE aplkasi untuk mengetikan perintah-perintah pengembangan aplikasi android yang sampai saat ini sangat direkomendasikan adalah Android studio, sebelumnya google sendiri mensupport eclipse untuk mengembangkan aplikasi android, namun hari ini support terhadap eclipse untuk mengembangkan aplikasi android sudah dihentikan, sebagai gantinya adalah software Android studio yang bisa anda download secara gratis.

Silahkan anda dapatkan android studio di situs resmi andrid studio kemudian, instalkan di komputer anda agar dapat anda gunakan untuk membuat aplikasi android.


2. Mengembangkan aplikasi android tanpa harus menguasai bahasa pemrograman

Untuk menguasai bahasa pemrograman memang tidak semudah yang dibayangkan, harus tekun, kerja keras dan terus mencoba,

Jika anda kesulitan untuk menguasai banasa pemrograman android namun anda ingin menjadi pengembang aplikasi android, anda pun tetap masih memiliki kesempatan, yaitu dengan menggunakan tool-tool khusus yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi android tanpa menggunaan bahasa pemrograman, baik online maupun offline.

Beberapa situs online yang bisa anda coba yang menawarkan pengembangan aplikasi android tanpa menggunakan bahasa pemrograman diantaranya adalah:

a. appery.io
b. appmachine.com
d. appmakr.com
e.appypie.com
f. goodbarber.com
g. andromo.com
h. appsgeyser.com
dll


Artikel ini dibuat hanya untuk memberikan informasi kepada pembaca yang tertarik dan ingin mengebangkan aplikasi android, jadi sekali lagi untuk mengembangkan aplikasi android saat ini tidak perlu memiliki kemampuan coding, karena banyak sekali tool-tool online yang siap anda gunakan untuk membuat aplikasi android sendiri secara instance.

Namun tetap untuk menjadi pengembang aplikasi android profesional, anda tetap harus menguasai bahasa pemrograman terutama java yang memiliki konsep bahasa pemrograman berorientasi objek.

Demikian tentang Cara agar bisa membuat file APK aplikasi android sendiri, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Artikel