Cara Mengaktifkan Sinyal Internet SIM 2 di Smartfren Andromax G2

13 November
Cara Mengaktifkan Sinyal Internet SIM 2 Smartfren Andromax G2 - Semua provider telepon seluler di Indonesia memberikan layanan GSM. Namun sampai saat ini masih ada provider yang tetap mempertahankan layanan CDMA-nya bernama Smartfren. Oleh karena itu setiap Anda menggunakan smartphone buatan Smartfren hanya bisa menggunakan SIM 1 untuk menggunakan internet, yaitu dengan kartu Smartfren. Hal ini membuat pengguna GSM menjadi tidak leluasa untuk menggunakan internet sehingga enggan menggunakan hp Smartfren. Namun sebenarnya ada cara mengaktifkan sinyal internet SIM2 d di hp ini. Artikel ini akan membahasnya.

Salah satu jenis hp produk dari Smartfren bernama Smartfren Andromax G2. Kekurangan dari setiap hp Smartfren adalah pengguna hanya dapat menggunakan kartu SIM 1 untuk membuka internet, yaitu kartu CDMA dari Smartfren. Hal ini tentu membatasi pengguna yang ingin menggunakan kartu provider lain untuk menjalankan internet. Akan tetapi sebenarnya ada cara mengaktifkan sinyal internet SIM 2 di Smartfren Andromax G2 yang akan dibahas di bawah ini.



Ada banyak sekali provider GSM yang memberikan paket internet atau kuota murah. Oleh karena itu kebanyakan pengguna smartphone sering mengganti kartu provider-nya dengan yang baru demi mendapatkan yang lebih murah. Nah, hal ini sangat menyulitkan untuk pengguna hp Smartfren karena mereka hanya bisa berinternet dengan kartunya (Smartfren). Untungnya ada yang bisa menemukan cara hack SIM 2 di Smartfren sehingga bisa digunakan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa coba Anda ikuti supaya bisa berinternet menggunakan kartu manapun yang Anda sukai.

1. Menggunakan Aplikasi Nova Launcher

Aplikasi Nova Launcher memiliki banyak fitur salah satu yang paling banyak digunakan adalah fitur theme untuk hp. Namun ternyata bisa digunakan untuk hack SIM 2 di hp Smartfren. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store kemudian di-download dan di-install seperti biasa. Cara yang akan dibahas ini juga tidak perlu menggunakan hp yang sudah di-root. Baiklah sekarang langsung saja ke pembahasan langkah-langkah menggunakannya sebagai berikut.
  • Jika sudah di-download dan diinstal aplikasinya Anda harus mematikan hp dulu. Setelah itu keluarkan kartu CDMA dari slotnya lalu ganti dengan kartu GSM. Selanjutnya nyalakan kembali hp Anda.
  • Lanjutkan dengan mematikan koneksi data dan WiFi.
  • Kemudian dibagian homescreen-nya sentuh lalu tahan area kosong sampai ada pilihan menu. Pilih Saja menu Shortcut kemudian Activities kemudian klik Setting lalu Testing.
  • Lanjutkan dengan membuka menu Testing lalu klik pilihan Phone Information lalu Phone Info (SIM 1).
  • Selanjutnya ganti pilihan CDMA Only jadi GSM Auto (PRL) dilanjutkan dengan klik tombol refresh. Tunggu hingga tanda sinyal berubah menjadi huruf G.
  • Lalu pilih APN dengan cara menyentuh dan menahan bagian yang kosong dan pilih Shortcut lalu Activities lalu Setting dan APN.
  • Buka menu tersebut dan pilih APN yang sesuai dengan kartu Anda.
Jika cara ini sudah berhasil tapi Anda ingin mengembalikan pengaturan yang seperti semula maka langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Matikan kembali hp smartfren Andromax G2 Anda lalu keluarkan kartu GSM tadi dan masukkan kembali kartu CDMA ke Slot SIM 1. Selanjutnya nyalakan lagi.
  • Lalu buka menu Testing kemudian Phone Information kemudian Phone Info (SIM 1). Selanjutnya ubah pilihan GSM Auto (PRL) jadi CDMA Only dan klik refresh.
  • Tunggu hingga sinyal berubah lagi menjadi tanda untuk kartu CDMA.
  • Buka kembali APNs dengan mengikuti cara yang sudah diberikan di atas sesuai dengan kartu CDMA yang digunakan.
Itu dia cara mengaktifkan sinyal internet SIM 2 di Smartfren Andromax G2 yang pertama. Cara lainnya ada di bawah ini.

2. Menggunakan TWRP

Biasanya TWRP atau CWM digunakan untuk hp Xiaomi tapi kali ini akan digunakan untuk hp Smartfren Andromax. Sebelumnya Anda harus menginstal TWRP terlebih dahulu. Untuk caranya Anda bisa cari di website lain pasti akan menemukannya. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Lakukan backup ROM hp Anda menggunakan TWRP. Kemudian pilih file yang harus di-download, ada internet GSM Andromax untuk Jelly Bean di link ini dan internet GSM Andromax G2 untuk Android KitKat di link ini.
  • Kemudian masuk ke menu TWRP dengan cara menekan tombol Power dan volume atas secara bersamaan kemudian diamkan beberapa saat. Jika logo Smartfren sudah muncul Anda bisa melepaskan kedua tombolnya.
  • Kemudian pada menu TWRP pilih opsi Backup lalu centang bagian System sedangkan checklist pada bagian lainnya harus dihilangkan. Lalu langsung klik Swipe to Backup.
  • Lanjutkan dengan memilih Install lalu pilih file yang telah Anda download tadi yang tergantung dengan sistem operasi hp Smartfren Andromax G2 Anda.
  • Sesudah itu pilih opsi Reboot System.
Kemudian Anda harus mengaktifkan internet GSM-nya. Caranya adalah dengan klik menu pengaturan lalu pilih pengaturan RUIM atau SIM - Data Selular dan pilih GSM. Sedangkan jika sistem operasi yang digunakannya Jelly Bean maka harus mendownload dulu aplikasi bernama AK-dataswitch pada link ini lalu install. Selanjutnya buka dan pilih opsi Data Call lalu pilih Subscription 2.

Demikianlah bagaimana cara mengaktifkan sinyal internet SIM 2 di Smartfren Andromax G2. Ada dua cara yang bisa coba Anda lakukan. Semoga salah satunya berhasil.
IKLAN 4

0 komentar