Cara menjalankan (run) projek android studio langsung ke hp xiaomi

, ,
Menjalankan android studio langsung menggunakan hp android dipilih untuk meminimalisir waktu pengembangan aplikasi android, karena dengan debubing langsung ke hp android proses running menjadi lebih singkat jika dibandingkan menggunakan virtual device atau emulator, baik emulator yang disediakan oleh android studio maupun emulator pihak ke 3 seperti genymotion atau bluestack.

Artikel ini saya khususkan untuk anda yang kebetulan sedang belajar membuat aplikasi android di android studio, kita ketahui bersama bahwa ada banyak cara untuk membuat aplikasi android, ada yang dengan coding atau script pemrograman android ada juga yang tanpa script, tentu saja untuk membuat aplikasi android sesuai dengan yang kita inginkan kita harus menguasai script bahasa pemrograman android.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menulis kode pembuatan aplikasi android, diantaranya adalah eclipse, android studio dan lain sebagainya, namun untuk eclipse saat ini sudah tidak didukung lagi oleh google untuk mengembangkan aplikasi android, sehingga fitur-fitur android terkadang tidak lagi support jika harus dijalankan melalui eclipse.

Aplikasi terbaik untuk mengembangkan aplikasi android adalah android studio, aplikasi ini merupakan aplikasi pengganti eclipse yang sampai saat ini terus mendapatkan dukungan google sehingga sangat mendukung fitur-fitur terbaru android sesuai dengan perkembangan sistem android.

Untuk menjalankan aplikasi android di android studio, kita bisa menggunakan emulator yang sudah disediakan oleh android studio dengan berbagai ukuran layar, emulator adalah semacam virtual device berbasis android, layaknya sebuah smartphone virtual.

Namun sayangnya running aplikasi android di emulator biasanya sangat memakan memory, sehingga terkadang ketika aplikasi android dijalankan lewat emulator tidak jarang prosesnya sangat lambat sekali, berat, sangat lama dan bahkan bisa membuat anda jengkel.

Alternatif terbaik untuk menjalankan aplikasi android yang sedang dikembangkan dengan android studio adalah langsung menggunakan hp android sebenarnya. sehingga prosesnya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan emulator.


Di artikel kali ini saya akan coba bahas bagaimana cara menjalankan aplikasi android yang dikembangkan di android studio menggunakan hp xiaomi.

Cara menjalankan (running) android studio di hp xiaomi

Sebenarnya bukan hanya untuk hp xiaomi saja sih, apapun merk hpnya bisa anda gunakan untuk menjalankan (testing) aplikasi android yang sedang anda kembangkan di android studio, yang penting hpnya berbasis android.

Saya memilih xiaomi karena kebetulan saya pribadi adalah pengguna hp xiaomi yang sering saya gunakan untuk testing run projek aplikasi android yang sedang saya kembangkan menggunakan android studio.

Langkah-langkah untuk menjalankan android studio menggunakan hp xiaomi adalah sebagai berikut:

1. Instalkan driver hp xiaomi di komputer Anda

Biasanya driver hp xiaomi tidak otomatis terinstal di komputer windows, sehingga langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal driver hp xiaomi agar hp xiaomi anda terdeteksi dengan baik oleh sistem operasi windows.

Jika hp xiaomi anda sudah terdeteksi windows, maka android studio pun akan mengenali hp xiaomi anda sehingga hp xiaomi siap digunakan untuk proses debuging aplikasi android yang sedang anda kembangkan menggunakan aplikasi android studio.

Untuk menginstal driver hp xiaomi di komputer anda, anda bisa menggunakan aplikasi mi pc suite, langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Hubungkan hp xiaomi anda dengan komputer menggunakan kabel USB

b. Aktifkan mode pengembang di hp xiaomi anda. caranya
  • Masuk ke setelan/ settings
  • Tap menu about phone/ tentang ponsel
  • Pada menu Versi MIUI /MIUI Version, tap sebanyak 7 kali, sampai muncul pesan "anda sudah menjadi  pengembang".
  • Selanjutnya setelan mode pengembang aktif, menu tersebut bisa anda lihat di menu setting/pengaturan > additional settings / pengaturan tambahan > opsi pengembang / developer option
c. Selanjutnya Instalkan Mi PC Suite

  • Silahkan masuk ke menu settings / pengaturan > additional settings / pengaturan tambahan > Developer option / opsi pengembang. silahkan aktifkan opsi pengembang, kemudian scroll ke bawah lalu aktifkan USB debugging /debubbing USB
  • Patikan anda memilih MTP, caranya setelah USB terhubung tarik header panel di layar hp xiaomi anda, lalu klik pada ikon USB lalu pilih opsi transfer file MTP
  • Instalkan Mi PC suite

2. Atur opsi mode pengembang

Sebelum menjalankan aplikasi android di android studio di hp xiaomi, maka pada hp xiaomi agar tidak terjadi error ketika hp xiaomi digunakan untuk menjalankan aplikasi android, lakukan pengaturan berikut:
  • Pada hp xiaomi anda masuk kemenu setelan / settings > Additional settings/ Setelan tambahan > developer option/ mode pengembang.  
  • Silahkan aktifkan debuging USB,
  • Aktifkan juga instal via usb.
  • Matikan opsi pengoptimalan memori / memory optimization.(biasanya ini perlu restart)

3. Jalankan Android studio

Silahkan jalankan android studio, tunggu hingga proses build gradle selesai, kemudian silahkan coba run,


Run projek android

Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini,

menjalankan projek android studio langsung ke hp xiaomi

Anda akan diminta untuk memilih deployment target, dan anda akan melihat nama perangkat hp xiaomi anda muncul pada daftar conected device seperti gambar di atas, silahkan pilih lalu tekan tombol OK.

Aplikasi android yang sedang anda kembangkan akan terinstal langsung ke hp android anda.



Dengan langsung menggunakan hp android proses build projek menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan emulator atau virtual device.



Demikian tentang Cara menjalankan (running) projek android studio langsung ke hp xiaomi, semoga artikel di atas dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Artikel