Tips Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi Mudah

Cara mengobati biang keringat pada bayi - Biang keringat atau yang mungkin lebih terbiasa kita temui kulit kemerahan dan terasa gatal. Hal ini tidak hanya sering terjadi pada orang dewasa saja, akan tetapi juga sering terjadi pada bayi, pasalnya bayi mempunyai kulit yang masih sensitif dan Bunda tidak boleh memberikannya sembarangan obat.

Cara mengobati biang keringat pada bayi sebenarnya sangatlah mudah akan tetapi harus sesuai dengan petunjuk dokter. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengobati biang keringat ada baiknya jika kita mengenali terlebih dahulu hal-hal yang menjadi penyebab timbulnya biang keringat.
Tips Cara Mengobati Biang Keringat pada Bayi Mudah


Pada kebanyakan bayi mempunyai keringat yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan pori-pori kulitnya menjadi tersumbat, sehingga keringat tersebut tidak bisa keluar dan menyebabkan biang keringat. Bayi lebih sering mengalami biang keringat karena mereka mempunyai kelenjar keringat yang belum berkembang dengan sempurna.

Menurut Kabag Dermatologis Anak dan Remaja di Rady Children’s Hospital-San Diego, sirkulasi udara yang kurang baik dapat menjadikan suhu dalam ruangan menjadi panas dan pada saat bayi menggunakan banyak lapisan baju hal ini dapat menyebabkan terjadinya biang keringat.

Biasanya gejala biang keringat pada bayi terjadi pada lipatan tangan, belakang lutut, ketiak dan bagian kemaluan. Pada bagian-bagian tersebut muncul ruam merah dan juga gatal. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Bunda bisa menurunkan suhu ruangan dengan cara mengurangi gerah pada bayi yakni menyalakan kipas angin atau meyalakan AC.

Nah, untuk Bunda yang saat ini mempunyai bayi atau anak-anak yang mengalami biang keringat, Anda tidak perlu merasa cemas atau kuatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan meberikan informasi tentang tips cara mengobati biang keringat pada bayi.

Pertama, berikan bayi pakaian yang nyaman. Bunda bisa menggunakan pakaian bayi dengan bahan yang lebih tipis, sehingga sirkulasi udara yang masuk pada kulit menjadi lebih lancar dan tidak menyebabkan bayi gerah atau panas.

Kedua, turunkan suhu ruangan. Selain menggunakan pakaian bayi yang tipis, Bunda juga bisa menurunkan suhu ruangan agar bayi tidak merasa terlalu panas. Karena biang keringat akan menjadi lebih buruk karena kondisi gerah atau panas.

Ketiga, gunakan lotion calamine. Bunda juga bisa menggunakan lotion calamine untuk mengobati biang keringat pada kulit bayi. Cara mengobati biang keringat pada bayi adalah dengan mengoleskannya pada bagian yang merah, akan tetapi hindari mengoleskan pada bagian mata.

Keempat, Bunda bisa memindahkan bayi pada ruangan yang terdapat sirkulasi udara yang baik dan menjaga bagian tubuh bayi agar tetap kering.

Cara mengobati biang keringat dengan bahan alami

1. Cendana

Caranya dengan mencampurkan bubuk cendana menggunakan air tawar kemudian oles-oles kepada bagian tubuh bayi yang terkena biang keringat.

2. Lidah buaya

Buah yang memiliki duri ini juga bermanfaat untuk mengatasi biang keringat. Caranya yaitu dengan mencampurkan daging dari lidah buaya menggunakan air tawar. Oleskan pada daerah tubuh tertentu yang terkena biang keringat. Sensasi lidah buaya akan menyejukan kulit bayi. Selain bayi orang dewasa pun bisa menggunakan obat alami ini.

3. Lemon

Buah yang memiliki rasa masam yang tak kenal ampun ini juga dipercaya bisa mengatasi biang keringat. Salah satu manfaatnya yaitu mampu mengontrol kadar minyak yang berlebihan akibat dari pengeluaran keringat bayi. Cara meraciknya yaitu dengan menerapkan lemon yang diperas pada tubuh bayi yang terkena biang keringat.


Nah, itulah beberapa tips cara mengobati biang keringat bayi dengan mudah yang bisa langsung dilakukan oleh Bunda dirumah. Untuk pemberian lotion tersebut, sebaiknya harus dengan petunjuk dokter ya Bunda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, terima kasih.
IKLAN 4

0 komentar