Cara Paling Ampuh Mempercepat Koneksi Internet pada Android

24 Agustus
Cara Paling Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Pada Android - Masalah koneksi internet sering terjadi di Indonesia. Meski menggunakan kartu provider yang menawarkan kecepatan internet luar biasa tapi tetap saja masalah ini sering terjadi. Padahal di Indonesia sudah ada jaringan 4G yang lebih cepat dibandingkan jaringan HSDPA. Namun untungnya ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat koneksi menjadi lebih cepat salah satunya di Android. Artikel ini akan membahas cara paling ampuh mempercepat koneksi internet untuk hp android.

Kecepatan internet yang melambat memberikan dampak yang banyak kepada penggunanya terutama untuk para pekerja yang pekerjaan utamanya memerlukan koneksi internet. Penurunan kecepatan ini sering terjadi jika menggunakan kartu provider telepon seluler tapi jika menggunakan jaringan broadband juga terkadang mengalami masalah yang sama. Untuk itu Anda harus tahu cara menyiasati supaya kecepatan internet bertambah. Mengenai informasi cara paling ampuh mempercepat koneksi internet pada Android akan dibahas di bawah ini :



Cara yang bisa Anda lakukan terbilang mudah karena hanya perlu melakukan pengaturan di hp android Anda. Selain itu ada trik lainnya yang bisa dicoba. Langsung saja berikut ini ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan :

1. Nonaktifkan Data Latar Belakang dan Auto Sync

Mungkin ada diantara Anda yang belum tahu bahwa beberapa aplikasi masih akan berjalan di latar belakang meski Anda tidak membukanya. Diantaranya ada Messenger, facebook, dan Gmail. Berbagai aplikasi ini akan selalu menggunakan koneksi internet di belakang layar sehingga tidak Anda sadari. Oleh karena itu jika Anda membuka banyak aplikasi lainnya secara sengaja atau berinternet maka kecepatannya akan menjadi lemot.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat aplikasi tidak berjalan di latar belakang adalah menonaktifkan data latar belakangnya. Caranya sangat mudah, Anda harus masuk ke menu Pengaturan selanjutnya pilih Jaringan Data. Sesudah itu pilih opsi Batasi Data Latar Belakang.

Selain itu Anda juga bisa menonaktifkan Auto Sync dengan cara masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih opsi Akun dan pilih nonaktifkan Auto Sync.

2. Hapus Cache

Setiap aplikasi pasti akan menyimpan cache supaya ketika dibuka nanti sistem akan cepat mendeteksinya. Meski ada kemudahan dibaliknya tapi ternyata bisa menimbulkan kerugian juga, yaitu memperlambat koneksi internet. Cache yang menumpuk itu akan membuat proses data jadi berat dan memperlambatnya.

Supaya internet tidak menjadi lemot maka coba untuk membersihkan cache secara rutin. Bisa secara manual atau menggunakan bantuan aplikasi pembersih sampah di hp android, misalnya aplikasi Clean Master. Anda hanya perlu untuk mendownloadnya kemudian menginstalnya di hp. Setelah itu tekan tombol pembersih dan secara otomatis aplikasi akan bekerja membersihkannya. Jika ingin menghapus secara manual Anda hanya perlu membuka menu Settings kemudian pilih Storage - Cache kemudian pilih Clear Cache.

3. Kompres Gambar

Apabila Anda membuka situs yang didalamnya terdapat banyak gambar bisa membuat proses loading menjadi lama. Salah satu cara untuk mempercepatnya adalah mengompres gambar sehingga ukurannya kecil.

4. Blokir Iklan

Dengan adanya iklan dalam sebuah website dapat membuat internet menjadi lemot juga karena data yang dimuat lebih banyak. Cara paling ampuh mempercepat koneksi internet adalah melakukan blokir iklan. Caranya adalah dengan membuka Browser yang mempunyai adblocker seperti UC Browser atau Opera Browser. Sedangkan jika hp sudah di-root Anda bisa menggunakan aplikasi AdAway.

5. Atur User Agent

Apabila Anda membuka website di Android dengan menggunakan tampilan web bukan tampilan mobile maka prosesnya akan menjadi lemot juga. Maka dari itu maka dari itu Anda harus mengatur user agent browser menjadi mobile sehingga ketika membuka website akan selalu ada dalam tampilan tersebut. Kecepatan internet apa pembukaan website pasti akan lebih responsif dan cepat.

6. Gunakan VPN

Ini adalah cara yang paling banyak digunakan untuk mempercepat koneksi internet. Supaya bisa terhubung ke alamat IP dari negara lain maka gunakan VPN. Anda tentu banyak yang sudah ketahui bahwa kecepatan internet dari negara lain lebih cepat dibandingkan Indonesia maka dari itu gunakan IP negara yang kecepatan internetnya cepat misalnya Singapura, amerika Serikat, jerman, korea Selatan, dan lain sebagainya.

7. Gunakan Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Ini adalah aplikasi yang bisa membuat koneksi internet hp Anda 200 kali lebih cepat tapi hanya bisa digunakan pada hp yang sudah di-root. Aplikasi ini nanti akan memberikan twerk khusus yang membuat Anda bisa mengatur juga memilih kecepatan internet.

8. Gunakan Aplikasi untuk Mempercepat Internet

Selain aplikasi yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mencari aplikasinya yang berguna untuk meningkatkan sinyal atau mempercepat koneksi internet di hp Anda. Ada banyak aplikasi bagus yang benar-benar bisa membantu Anda mempercepat koneksi internet.

Demikianlah pembahasan mengenai cara paling ampuh mempercepat koneksi internet di hp android. Semoga dengan menggunakan salah satu cara di atas Anda berhasil mempercepat koneksinya. Selamat mencoba!
IKLAN 4

0 komentar