Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC dan Laptop

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC dan Laptop - Koneksi internet memang kini menjadi kebutuhan yang penting karena banyak orang yang memerlukannya. Namun sayangnya koneksi internet di Indonesia tidak sebagus di negara lain sehingga sering lemot. Akan tetapi ada cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi internet. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mempercepat koneksi internet di PC dan laptop yang mudah.

Kecepatan koneksi internet menjadi salah satu kendala yang paling banyak dirasakan para pengguna di Indonesia. Terlebih lagi jika cuaca buruk dan tempat yang agak terpencil. Beberapa provider seluler memang sudah memiliki jaringan internet yang stabil tapi tidak berlaku untuk semua pengguna karena tergantung daerahnya. Akan tetapi bukan berarti tidak ada solusi karena sebenarnya ada cara mempercepat koneksi internet di PC dan laptop yang akan dibahas di bawah ini.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi internet atau wifi yang bisa dilakukan di laptop dan PC dengan sistem operasi Windows 7, 8, dan 10. Beberapa caranya antara lain sebagai berikut.



1. Menggunakan Open DNS

DNS dalam sebuah internet memang penting tapi jika menggunakan standar DNS masih belum bisa membuat internet berjalan cepat maka perlu digunakan open DNS yang memang dikenal sebagai salah satu bahan untuk mempercepat koneksi internet baik di komputer atau hp. Open DNS dapat dikatakan sebagai menggunakan publik DNS gratis yang performanya bagus. Caranya adalah mengganti DNS yang standar dengan open DNS ini. Langkah-langkahnya mudah sekali, salah satunya mengganti isian DNS dengan yang baru. Antara lain sebagai berikut.
  • Klik Start kemudian pilih Control Panel.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Network and Internet dan pilih Network and Sharing Center.
  • Kemudian pilih opsi Local Area Connection dan klik
  • Selanjutnya pilih opsi Internet Protocol Version 4 dan pilih lagi
  • Kemudian ubah DNS standar yang sudah default di komputer Anda menjadi open DNS. Ganti Preferred DNS Server dengan 208.67.222.222 sedangkan Alternate DNS Server dengan 208.67.220.220. Kemudian OK>
Langkah-langkah dari cara mempercepat koneksi internet di PC dan laptop pertama ini mudah sekali bukan?

2. Setting Port

Ini adalah cara kedua yang bisa dilakukan dengan melakukan pengaturan pada laptop atau PC dengan mengubah port. Cara yang bisa dilakukan juga mudah sekali. Antara lain sebagai berikut.
  • Pertama, masuklah ke menu Start lalu pilih My Computer. Selanjutnya klik kanan dan pilih
  • Nanti Anda akan menemukan beberapa tab, kemudian pilih Device Manager.
  • Selanjutnya klik port (com & Ipt).
  • Pada setiap port yang ada lakukan double klik kamueian pilih Port Setting-nya kemudian ubah bits per second menjadi 128000. Ubah juga flow control jadi hardware kemudian klik OK.
3. Menggunakan Qos Packet Scheduler

Cara ketiga ini tidak perlu menggunakan bantuan software karena hanya perlu melakukan setting langsung pada PC atau komputer Anda juga. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Klik Start kemudian klik Run dan cari gpedit.msc dengan mengetiknya lalu enter.
  • Selanjutnya pilih opsi Local Computer Policy dan masuk ke Computer Configuration.
  • Selanjutnya klik opsi Administrative Templates lalu pilih Nanti di bagian tersebut akan ada tulisan Qos Packet Scheduler.
  • Pada opsi limit reservable bandwith lakukan double klik.
  • Selanjutnya pilih Enable kemudian isi bagian bandwidth limit menjadi 0. Lalu klik saja
  • Terakjir, restart komputer Anda.
4. Minimalkan Program yang Menggunakan Internet Bersamaan

Jika terlalu banyak program yang menggunakan internet pada waktu yang bersamaan maka membuat koneksi internet lemot. Maka dari itu Anda harus lakukan pengecekan program yang mungkin menggunakan atau mengonsumsi internet juga secara bersamaan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Buka Windows Task Manager, agar mudah langsung tekan tiga buah tombol, yaitu CTRL + Shift + ESC. Sesudah itu lihat tab
  • Kemudian pilih Resource Monitor.
  • Setelah itu akan ada Windows baru yang terbuka. Langsung pilih tab Network kemudian nanti Anda bisa melihat aplikasi atau program apa saja yang menggunakan internet.
  • Selanjutnya close aplikasi yang menurut Anda tidak perlu membutuhkan koneksi ke internet.
Dengan semakin sedikit program yang menggunakan koneksi internet maka kecepatannya akan semakin baik dan lancar.
Selain cara-cara di atas, cara lainnya antara lain.
  • Jangan melewati FUP atau Fair Usage Policy yang maksudnya adalah batas dari penggunaan wajar. Untuk batasnya tergantung kepada setiap providernya. Apabila sudah melebihi maka kecepatannya akan menjadi lebih lambat.
  • Bersihkan malware dan virus pada komputer juga termasuk cara untuk mempercepat koneksi internet. Dua hal ini memang penyebab berbagai masalah pada komputer yang paling “jahat”. Jika komputer mulai lemot termasuk internetnya maka ada kemungkinan PC atau laptop Anda terkena virus.
  • Cek kecepatan internet dengan bantuan dari beberapa situs, misalnya saja speedtest.net. Dengan demikian Anda bisa mengetahui rata-rata kecepatan internet PC atau laptop Anda sehingga dapat memaksimalkan penggunaannya dengan lebih baik.

Demikianlah beberapa cara mempercepat koneksi internet di PC dan laptop yang bisa Anda lakukan. Semua cara di atas sangat mudah dan cukup ampuh untuk membuat koneksi internet cepat. Semoga ada salah satu dari cara di atas yang berhasil memecahkan masalah Anda.