Cara Memperkuat Sinyal Internet 3G & 4G LTE Axis & Telkomsel

08 November
Cara Memperkuat Sinyal Internet 3G & 4G LTE Axis & Telkomsel - Sinyal di Indonesia terkadang sering jelek terutama pada tempat yang jauh dari perkotaan. Meski kini sudah ada jaringan internet 4G yang sangat cepat tapi tidak membuat sinyal hp selalu bagus. Untuk pengguna kartu Axis mungkin yang sering mengalaminya tapi ternyata provider yang terkenal akan kecepatannya seperti Telkomsel juga sering tidak mendapatkan sinyal. Nah, jika Anda pengguna keduanya dan ingin membuat sinyal internet cepat bisa mengikuti cara memperkuat sinyal internet 3G & 4G LTE Axis & Telkomsel yang akan dibahas di sini.

Sinyal dari sebuah smartphone kadang tidak bisa terdeteksi sehingga mengganggu kegiatan komunikasi atau internet. Ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa sinyal bisa hilang atau berkurang. Provider kartu seluler yang terkenal akan kestabilan dan kecepatannya seperti Telkomsel juga bisa mengalaminya apalagi provider lain seperti Axis. Namun tenang saja ada cara memperkuat sinyal internet 3G & 4G LTE kedua kartu seluler yang akan dibahas di bawah ini.



Meski sinyal bisa tergantung juga terhadap cuaca tapi Anda tetap bisa menyiasati bagaimana agar sinyal internet bisa lebih cepat lagi. Langsung saja lihat cara-caranya sebagai berikut.

1. Setting APN

Melakukan pengaturan APN atau Access Point Names selalu dijadikan cara untuk menyiasati masalah yang terjadi pada jaringan internet. Dengan melakukan pengaturan APN yang tidak benar maka bisa membuat sinyal atau jaringan jadi mati. Setiap operator memiliki pengaturannya sendiri. Untuk pengguna kartu provider Axis hanya perlu mengisi “AXIS” (tanpa tanda petik) untuk nama APN dan username sedangkan passwordnya cukup isi dengan 123456.

Sedangkan untuk kartu Telkomsel atau untuk kartu AS dan Simpati bisa isi APN dengan Telkomsel atau Internet, pilih saja. Selanjutnya isi username dengan “wap” (tanpa tanda kutip) sedangkan passwordnya wap 123.

Ini adalah cara standar supaya sinyal internet bisa menjadi lancar atau stabil.

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Ini termasuk salah satu cara alternatif untuk memperkuat sinyal internet. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan antara lain.
  • Network Booster Plus. Termasuk aplikasi khusus untuk menguatkan sinyal 4G. Dengan ini Anda bisa melakukan pengaturan kepekaan sinyal ke tingkat yang paling tinggi.
  • Network Signal Booster. Berguna untuk membuat kecepatan browsing internet dan download menjadi sangat cepat. Jadi kegiatan Anda berinternet jadi akan lebih menyenangkan karena tidak akan merasa kesal akibat lemotnya kecepatan atau lemahnya sinyal.
  • Signal Guard Pro. Aplikasi ini berguna supaya sinyal 4G Anda tetap stabil dan tidak hilang. Kelebihan utamanya adalah Anda dapat mengunci sinyal 4G dari tower yang ada di sekitar Anda.
  • Penguat 3G dan 4G. Ini memang merupakan nama aplikasinya. Cara menggunakannya sederhana sekali bahkan hp Anda tidak perlu di-root. Kecepatan browsing dan download juga bisa dipercepat.
Selain aplikasi tersebut ada juga Network Signal Speed Booster, Network Booster Plus, dan 3G/4G Speed Optimizer.

3. Restart Koneksi

Ini termasuk cara memperkuat sinyal internet 3G & 4G LTE yang paling sederhana tapi kadang paling ampuh. Untuk melakukan hal ini cara yang bisa Anda lakukan hanya dengan mematikan jaringannya kemudian menyalakannya kembali. Atau bisa bukan hanya menghubungkan dan mematikannya, Anda juga bisa coba mematikan dulu hp Anda kemudian setelah beberapa menit nyalakan kembali.
Namun cara ini bisa berhasil bisa juga tidak.

4. Mengaktifkan Cache dan Cookies

Meski cache bisa membuat kinerja hp menjadi lemot tapi dengan mengaktifkannya beserta Cookies juga akan berguna untuk menguatkan sinyal. Cache memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara atau menyembunyikannya supaya transfernya nanti bisa meningkat. Dengan begini Anda bisa mengakses situs sebelumnya yang sudah pernah Anda kunjungi jadi prosesnya lebih cepat.

5. Aktifkan Mode Only 4G LTE

Jika Anda memiliki hp dengan jaringan 4G maka lebih baik fokus dengan selalu menggunakannya. Biasanya setiap Anda akan menjalankan internet pasti harus memilih apakah Anda akan menggunakan yang 2G, 3G, atau 4G. Nah, supaya sinyal lancar lebih baik Anda nyalakan mode only 4G LTE. Dengan demikian hp Anda jadi hanya akan fokus terhadap jaringan tersebut sehingga tidak akan hilang atau lemah. Langkah-langkahnya adalah seperti ini.
  • Lakukan dial phone dengan mengetik nomor *#*#4636#*#* kemudian klik
  • Selanjutnya nanti ada menu yang muncul. Kemudian klik opsi Informasi Telepon dan ganti opsi Set Preferred Network Type atau Setel Jaringan yang Disukai jadi LTE Only.
6. Nyalakan Airplane Mode

Ini merupakan cara pancingan supaya sinyal muncul kembali. Mode ini akan membuat hp Anda melakukan pembaharuan akan sinyal di daerah Anda. Cara ini kadang berhasil dilakukan tapi bisa juga tidak bisa. Cara menyalakannya mudah sekali Anda hanya perlu klik ikon gambar pesawat dan dalam seketika jaringan internet dan telepon akan mati. Nyalakan kembali setelah beberapa waktu dan coba lihat apakah ada perubahannya.

Demikianlah bagaimana saja cara memperkuat sinyal internet 3G & 4G LTE Axis & Telkomsel. Atau bisa juga digunakan untuk provider lain. Selain cara tersebut Anda bisa sesuaikan kartu SIM yang digunakan dengan daerah Anda karena setiap kartu SIM memiliki jangkauan sinyal yang berbeda-beda, tergantung daerahnya. Jika belum berhasil berarti mungkin daerah Anda kurang cocok dengan kartu Axis atau Telkomsel.
IKLAN 4

0 komentar