Cara Setting PPSSPP Android Agar Tidak Lag dan Suara Jernih Bagus

Cara Setting PPSSPP Android Agar Tidak Lag dan Suara Jernih Bagus – Di era yang serba canggih seperti saat ini, kita bisa memainkan game di manapun dan kapanpun. Tak seperti dulu dimana kita hanya bisa memainkan game pada konsol saja seperti Nitendo, Playstation, maupun Xbox. Karena keterbatasan tersebut, Sony melakukan inovasi dengan meluncurkan konsol game portable bernama PSP alias PlayStation Portable. Dengan adanya PSP, orang yang suka main game bisa memainkan game favoritnya di manapun dan kapanpun.

Sayangnya harga perangkat PSP tidaklah murah. Bahkan saat pertama kali dimunculkan, harga sebuah PSP sangatlah mahal. Lebih mahal dibandingkan dengan harga konsol game PlayStation. Namun saat ini keberadaan konsol game baik itu PS maupun PSP sudah mulai terkikis dengan keberadaan smartphone. Ya, dengan smartphone orang-orang juga sudah bisa main game di manapun dan kapanpun. Selain itu game smartphone juga banyak sekali pilihannya. Ada yang online, ada pula yang offline.

Genre game di smartphone juga semakin banyak mulai dari action, battle, RPG, puzzle, Moba, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya itu saja, buat anda yang ingin memainkan game-game konsol seperti game PSP juga bisa dilakukan di perangkat smartphone baik itu yang berbasis Android maupun iOS. Ya, mungkin belum banyak yang tahu bahwa HP Android ternyata bisa digunakan untuk memainkan game PSP seperti halnya Mario, Naruto, dan beberapa game keren lainnya. Buat anda yang belum tahu pasti bertanya-tanya bagaimana caranya?


Mudah saja, kita hanya membutuhkan bantuan aplikasi emulator PSP agar bisa memainkan semua game PSP di HP Android. Salah satu aplikasi emulator PSP yang terkenal adalah PPSSPP. Aplikasi tersebut terkenal karena memang sudah terbukti dapat digunakan untuk memainkan semua jenis game PSP. Sayangnya untuk bisa memainkan game PSP dengan lancar di HP Android menggunakan aplikasi PPSSPP, diperlukan pengaturan khusus. Banyak yang bertanya-tanya kenapa saat menjalankan game PSP di Android sangat lemot dan suaranya tidak jelas?

Lemotnya game PSP saat dimainkan di HP Android bisa disebabkan karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah karena spesifikasi perangkat yang kurang memadai. Ya, agar bisa berjalan dengan lancar, game PSP perlu spesifikasi mulai dari prosesor, RAM, sampai dengan GPU yang cukup mumpuni. Jika smartphone anda sudah mumpuni spesifikasinya namun tetap saja lemot saat digunaan untuk menjalankan game PSP, berarti kemungkinan terjadi kesalatan setting atau pengaturan. Nah, berikut kami bagikan trik cara setting PPSSPP agar bisa menjalankan game PSP dengan lancar tanpa hambatan.

Cara Setting PPSSPP Agar Bisa Main Game dengan Lancar

1. Pertama-tama tentu anda harus membuka aplikasi PPSSPP terlebih dahulu
2. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai aplikasi selesai loading
3. Langkah berikutnya silahkan klik menu, lalu pilih Settings
4. Jika sudah, silahkan lakukan setelah Graphics seperti gambar di bawah ini




5. Setelah itu lakukan juga setelah Audio seperti gambar di bawah ini

6. Terakhir lakukan juga setelah System seperti gambar di bawah ini


7. Apabila sudah selesai semuanya, klik Save dan jalankan game dengan lancar
Bagaimana, sangat mudah bukan? Settingan tadi sudah banyak dicoba dan terbukti ampuh menjalankan semua game-game PSP di Android dengan lancar tanpa kendala baik itu kendala lag atau lemot, maupun kendala audio yang kurang bagus. Berikut beberapa game PSP yang bisa dijalankan dengan lancar menggunakan settingan yang sudah kami bagikan tadi.
  • PES 2016
  • PES 2017
  • Naruto Ninja
  • God of War
Sebenarnya masih ada banyak sekali game-game PSP lain yang juga lancar dimainkan di HP Android dengan PPSSPP menggunakan pengaturan atau settingan tadi. Jika anda penasaran, silahkan dicoba sendiri. Anda bisa mendownload aplikasi PPSSPP secara gratis di luar Play Store dengan mengetikkan kata kunci PPSSPP pada mesin pencari seperti Google. Ada aplikasi PPSSPP versi biasa, ada pula aplikasi PPSSPP versi Gold yang punya fitur dan performa lebih baik. Silahkan dicoba dan dibandingkan sendiri.

Apakah Bisa Main Game PSP di Android dengan Joystick?

Ada beberapa pertanyaan lain yang kerap diajukan oleh para pengguna Android yang ingin coba memainkan game PSP menggunaan emulator. Mereka bertanya, apakah bisa memainkan game PSP di Android via aplikasi PPSSPP menggunakan kontroller seperti joystick? Jawabannya adalah sangat bisa. Anda hanya membutuhkan sebuah joystick dan converter agar bisa terkoneksi dengan smartphone. Atau anda juga bisa menggunakan perangkat seperti Ipega yang bisa dihubungkan langsung dengan port micro USB pada smartphone.

Untuk mengaturan pada aplikasi PPSSPP nya juga tidak rumit. Silahkan masuk ke menu Settings dan pilih kontroller, lalu lakukan pengaturan sesuai dengan keinginan anda. Dengan begitu anda bisa memainkan game PSP di Android dengan lebih mudah dan menyenangkan. Namun jika anda tidak punya joystick tak usah kawatir karena pada aplikasi PPSSPP telah disediakan kontroller virtual transparan di layar yang bisa anda manfaatkan layaknya kontroller fisik seperti joystick.

Oke demikianlah info mengenai cara setting PPSSPP agar tidak lag dan suaranya jernih bagus seperti halnya memainkan game PSP di perangkat yang sebenarnya. Silahkan share info ini ke teman-teman anda yang juga hobi main game di Android agar mereka juga mendapatkan pengalaman dan keseruan baru. Sampai jumpa di ulasan tips dan trik lain seputar game HP yang lagi hits saat ini.
IKLAN 4

0 komentar