9 Aneka Bumbu Masak khas Tanah Air yang Mendunia

Sebagai warga Indonesia kita harus bangga, Rendang yang kaya akan bumbu masak lezat khas tanah air ini menjadi salah satu masakan terlezat nomor 1 di dunia. Wah..wahh.. kok hebat ya. Ternyata bule di luar sana juga suka sama rendang yang kita kenal ada di Nasi Padang ini.

Makanan khas Indonesia memang dikenal di luar negeri sana sangat kaya akan bumbunya. Ini yang menjadi khas dan pembeda dengan makanan dari negara-negara lainnya. Memang sih bukan cuman di Indonesia yang punya makanan yang kaya akan bumbu, negara lain seperti India dan Malaysia juga tentu saja ada. Tetapi tahukah anda apa yang membedakan? Yang membedakan adalah bumbu-bumbu masaknya lho.



Sejak dahulu kala para penjajah datang ke Indonesia, mereka mengemban misi untuk menguasai negeri kita yang sangat kaya akan rempah-rempah dan bumbu ini. Seperti misalnya dulu Belanda pertama kali menguasai Maluku untuk mengekspor rempah-rempah ke negerinya dan menjualnya ke pasar dunia.

Bumbu Indonesia yang Mendunia


Tahukah anda, beberapa bumbu masak khas Indonesia ini cukup mendunia lho. Apa saja mereka. Mari kita simak ulasannya disini.

1. Merica

Merica memiliki dua macam yaitu merica putih dan merica hitam. Merica putih dikenal juga sebagai merica tua yang kulitnya sudah dikupas dan lalu melalui proses pengeringan. Sedangkan merica hitam yaitu merica yang masih muda tanpa pengupasan lalu dikeringkan. Merica hitam memiliki cita rasa yang lebih pedas ketimbang merica putih. Biasanya banyak dijumpai pada masakan-masakan Aceh dan Bali. Sedangkan mayoritas masakan nusantara yang lain lebih condong memakai merica putih.

2. Pala

Rempah jenis ini digunakan untuk penyedap masakan. Terutama penyedap makanan seperti semur dan masakan berkuah. Beberapa masakan dari Belanda juga dikenal menggunakan Pala sebagai bumbu masak penyedapnnya. Cara membumbui cukup dengan menaburkan saja bubuk pala ini diatas masakan. Aroma sedap dari pala memberikan cita rasa tersendiri untuk masakan yang dibuat.

3. Kemiri

Kemiri adalah salah satu jenis bumbu yang kandungan minyaknya memiliki penyedap rasa bagi masakan. Cara menggunakannya adalah dengan cara menyangrai terlebih dahulu lalu haluskan bersama bumbu lainnya.

4. Asam Jawa

Asam jawa adalah bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk sayur asam. Rasa yang asam dan khas dari asam jawa ini memang cukup diminati oleh masyarakat luar negeri. Cara menggunakannya yaitu dengan memilih asam jawa yang sudah matang berwarna cokelat, dikupas kulitnya lalu dagingnya ditambahkan ke masakan.

5. Kemangi

Kemangi adalah salah satu jenis tumbuhan yang diambil daun dan tangkainya untuk bumbu seperti aneka pepes, bubur Manado, karedok dan bisa juga dijadikan lalap langsung dengan sambal. Kemangi memiliki data tahan 2-3 hari pada suhu ruangan. Lebih baik disimpan pada lemari es agar daunnya tetap segar.

6. Daun Salam

Semua orang di Indonesia hampir pernah merasakan daun salam ini. Ya memang karena hampir di setiap daerah di Indonesia beberapa masakan menggunakan daun salam sebagai penyedap aromanya. Daun salam yang dipilih sebaiknya yang masih mudah supaya rasanya tidak pahit. Cara menggunakannya cukup memetik daunnya lalu meremas kemudian tambahkan pada masakan.

7. Jahe

Jahe adalah salah satu jenis umbi-umbian yang digunakan untuk bumbu dapur. Rasa aromanya yang khas membuat jahe menjadi penambah rasa yang nikmat. Selain pada masakan jahe juga biasa ditambahkan untuk minuman penghangat tubuh saat cuaca dingin.

8. Lengkuas

Bentuknya barangkali sangat mirip dengan jahe. Beberapa orang kadang masih kurang bisa membedakan mana jahe mana lengkuas. Lengkuas memiliki warna kulit yang kemerahan dan tubuhnya lebih keras. Di Indonesia lengkuas biasa ditambahkan untuk memasak nasi uduk, ayam goreng dan lain sebagainya.

9. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di tanah air. Biasanya dipakai sebagai bumbu untuk beberapa jenis masakan seperti gulai, dan lain sebagainya. Kunyit juga dipakai sebagai pewarna alami dan untuk pengawet.
IKLAN 4

0 komentar