Tips Beli Rumah di Developer Agar Tidak Tertipu

Jika anda sedang membutuhkan rumah, mencari informasi jual beli rumah melalui developer perumahan adalah cara yang banyak dilakukan oleh masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Tetapi anda harus hati-hati karena saat ini banyak developer perumahan yang dalam beberapa kasus penipuan developer perumahan yang marak ahir-ahir ini.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tips membeli rumah di Developer supaya tidak tertipu. Terus baca artikelnya ya!



1. Utamakan Reputasi Developer 

Ini penting karena membeli rumah beda dengan membeli handphone atau pun perabotan rumah. Ya karena membeli rumah memerlukan budget yang besar. Apa jadinya jika nanti anda tertipu? Uang anda akan hilang. Oleh karena itu penting untuk anda mengetahui reputasi developer.

Reputasi ini bisa dilihat dari cara mereka mengurus ijin peruntukan tanah, ketersediaan sarana dan prasarana, kondisi tanah yang matang, dan juga sertifikat tanah minimal SHGB.

2. Sertifikat Masih Atas Nama Developer

Sangat penting memastikan ke pihak developer tentang waktu kapan sertifikat beralih menjadi atas nama anda. Karena jika masih atas nama pengembang anda akan kesulitan untuk Take–over kredit ke bank lain dan Penjualan rumah akan sangat sulit dilakukan.

3. Ada Risiko Rumah Tidak Jadi Tepat Waktu

Anda harus mempertimbangkan beberapa resiko seperti resiko rumah tidak jadi, resiko rumah jadi tapi sangat terlambat atau resiko rumah jadi tapi spesifikasinya tidak sesuai dengan apa yang dikemukaan diawal. Anda harus menanyakan ke pihak pengembang sejelas-jelasnya perihal masalah ini.

4. Apa Kewajiban Developer Jika Wanprestasi

Dengan adanya beberapa resiko yang disebutkan diatas, anda selaku pembeli harus benar-benar mempelajari secara detail apa saja kewajiban developer apabila terjadi wanprestasi.

Kewajiban pengembang ini umumnya diatur dengan detail di perjanjian jual beli. Baca secara detail barangkali ada beberapa point yang masih perlu anda pertanyakan.

Nah itulah tadi Tips Beli Rumah di Developer Agar Tidak Tertipu. Semoga informasi diatas bisa  bermanfaat untuk anda, khususnya bagi anda yang sedang mencari hunian tempat tinggal untuk keluarga tercinta.
IKLAN 4

0 komentar