Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Tematik

Tematik merupakan salah satu mata pelajaran yang masih baru di Indonesia. Pembelajaran ini mulai diterapkan setelah dikeluarkannya UU SISDIKNAS pada tahun 2003 lalu. Jadi wajar jika banyak dari anda yang masih banyak yang belum mengenal mata pelajaran yang satu ini.

Dalam UU SISDIKNAS “model pengajaran” selama ini diubah menjadi “model pembelajaran”, untuk itu dalam hal ini menggunakan model pembelajaran tematik. Berdasarkan undang-undang tersebut maka sebagian dari sekolah dasar yang ada di Indonesia telah melakukan proses pembelajaran tematik pada proses belajar mengajar di sekolah.


Pembelajaran tematik sendiri merupakan metode pembelajaran terpadu dengan menggunakan konsep saling mengaitkan antara beberpa mata pelajaran, sehingga bisa memberikan pengalaman belajar yang bermakna untuk siswa.

Manfaat Sistem Pembelajaran Tematik

Dengan adanya sistem pembelajaran tematik, maka mempunyai manfaat sebagai berikut :

Pertama, mata pelajaran tematik merupakan sebuah mata pelajaran yang menyatukan atau menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan mata pelajaran. Jadi akan terjadi sebuah penghematan, karena jika terjadi tumpang tindih materi bisa dihilangkan.

Kedua, siswa bisa melihat hubungan-hubungan yang bermakna karena dalam materi pembelajaran lebih berperan sebagai alat dan juga sarana, bukan menjadi tujuan akhir.

Ketiga, pembelajaran menjadi lebih lengkap jadi siswa bisa mendapatkan pengertian tentang proses serta materi yang lebih utuh dan tidak terpecah-pecah.

Keempat, dalam pembelajaran menggunakan mengaitkan antara mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya, sehingga penguasaan tema akan menjadi lebih baik.

Kelima, hasil dari pembelajaran lebih sesuai dengan minat serta kebutuhan siswa.

Keenam, menggunakan sistem belajar sambil bermain sehingga lebih menyenangkan.

Ketujuh, proses pembelajaran tematik mempunyai sifat fleksibel.

Tujuan Pembelajaran Tematik

Adapun tujuan yang paling utama dari adanya pembelajaran tematik adalah untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang telah ditentukan. Selain itu, proses pembelajaran tematik juga mempunyai beberapa tujuan yang ingin dicapai, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, agar peserta didik lebih mudah untuk memfokuskan perhatian pada suatu konsep atau tema tertentu, karena materi yang telah disajikan dalam tema yang jelas.

Kedua, agar peserta didik dapat mempelajari pengetahuan serta mengembangkan berbagai jenis kompetensi dasar dalam satu tema.

Ketiga, agar peserta didik lebih paham tentang aspek Pendidikan Agama Islam dan lebih berkesan.

Keempat, agar kompetensi dasar bisa dikembangkan lebih baik lagi,karena menyatukan beberapa bagian dengan pengalaman pribadi pada kenyataan yang telah dirangkai dalam tema tertentu.

Kelima, agar guru bisa lebih menghemat waktu yang dimilikinya, karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik bisa dipersiapkan sekaligus serta bisa diberikan dalam dua atau tiga pertemuan saja. Sedangkan untuk siswa waktu yang ada bisa digunakan untuk pendalaman.

Itulah beberapa tujuan dan manfaat pembelajaran tematik yang perlu anda pahami. Ssama halnya dengan mata pelajaran yang lainnya, jika guru menemui masalah dengan soal-soal, tematik juga menyediakan kunci jawaban tematik.

IKLAN 4

0 komentar