Mengenal Arti Skincare dan Tahapan Merawat Kulit

06 Mei

Untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat diperlukan perawatan menggunakan skincare terbaik. Skincare merupakan rangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, meringankan kondisi kulit, dan meningkatkan penampilan. 

Untuk mendapatkan kondisi kulit yang baik, tahapan skincare harus dilakukan dengan benar. Oleh karena ada banyaknya jenis skincare yang digunakan dalam satu waktu. Bagi para pemula mungkin akan bingung mengenai urutan pemakaian skincarenya. Untuk mengetahui tahapan dalam merawat kulit silahkan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. 

Rangkaian skincare itu antara lain, sabun cuci muka, toner, essence, sunscreen, pelembab,krim mata, dan masih banyak lagi. Sebelum memilih produk Anda harus tahu bagaimana kondisi dan jenis kulit agar manfaat yang didapatkan maksimal.

Tahapan Penggunaan Skincare yang Benar

Lakukan tahapan penggunaan skincare pada pagi dan malam hari. Oleh karena produk atau jenis skincare itu ada banyak maka yang akan dibahas di sini adalah 5 langkah dasarnya.

1. Cleansing

Sebelum menggunakan produk skincare apapun Anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu. Di pagi hari Anda bisa mencuci wajah hanya dengan sabun, sedangkan untuk malam hari lebih baik gunakan dulu pembersih wajah misalnya susu pembersih. Tapi jika kulit Anda kering lebih baik cuci muka hanya satu kali yaitu di malam hari.

2. Toner

Langkah keduanya adalah menggunakan toner. Toner teksturnya lebih cair dibandingkan serum atau essence sehingga digunakan pertama setelah mencuci muka. Kegunaan toner antara lain dapat menambah nutrisi pada wajah serta menyeimbangkan warna kulit.

Cara menggunakan toner yang paling baik dan efektif adalah dengan menuangkan secara langsung ke telapak tangan lalu diusapkan ke wajah.

3. Serum

Pada pagi hari lebih baik gunakan serum yang memiliki kandungan vitamin C juga peptida. Sementara di malam hari pakai yang mengandung retinoid atau retinol karena bisa bekerja dengan lebih baik. 

4. Pelembap

Jangan lupakan produk skincare ini dalam rangkaian penggunaan sehari-hari ya!  

Semua orang dengan jenis kulit berbeda butuh menggunakan pelembap, bahkan bagi yang kulitnya berminyak pun harus menggunakannya. Tentu saja harus punya bahan yang ringan, tidak komedogenik, berbasis gel serta tidak membuat pori-pori wajah terhalangi. Sedangkan bagi yang kulitnya kering lebih baik gunakan yang bentuknya krim. 

5. Suncreen

Dalam rangkaian skincare, sunscreen harus digunakan paling akhir agar lebih dapat melindungi. Meski urutannya terakhir tapi tabir surya punya manfaat yang paling penting. Oleh karena menjadi pelindung terluar dari sinar matahari. Lebih baik gunakan sunscreen yang punya SPF 30, dan gunakan setidaknya 15 menit sebelum ada keluar rumah. Kenapa? Oleh karena sebelum perlu beberapa waktu lebih dulu untuk tabir surya bekerja aktif.

Lalu, jangan hanya gunakan sekali. Gunakan tabir surya dalam tiga hingga empat jam sekali. Tentu saja supaya hasilnya maksimal. Dengan rajin memakai tabir surya maka banyak manfaat yang akan didapatkan. Antara lain, mencegah kanker kulit, bintik hitam di wajah, dan penuaan dini. Hasilnya tidak dapat dilihat langsung, tapi akan sangat berguna nanti.





IKLAN 4

0 komentar