Microsoft Excel vs Google Spreadsheet, Mana yang Bagus?

21 Mei

Microsoft Excel vs Google Spreadsheet, Mana yang Bagus? – Software office menjadi salah satu hal yang penting yang digunakan bagi setiap perusahaan untuk mengelola dokumen, slide dan juga angka. Software pada Microsoft termasuk lengkap yakni meliputi Microsoft Word, Excel, Power Point, dan Email untuk digunakan bisnis yang berbasis cloud compouting yakni sering dikenal dnegans ebutan Microsoft Office 365 for Business.

Sedangkan Software pada Google yaitu meliputi Google Docs, Gmail, Google Slides, Google Sheets dan juga Calender yang digunakan untuk bisnis yang berbasis cloud compouting yang sering dikenal dengan sebutan G Suite.


Pasa situs https://www.asifah.com  juga menjelaskan banyaks ekali mengenai aplikasi yang banyak digunakan banyak orang saat ini. Google Spreadsheet dan Microsoft memiliki fungsi yang hampir sama yang mana merupakan software untuk pengelolaan data berupa angka yang sering digunakan oleh banyak orang saat ini.

Fungsi dari Excel dan Sheets ini memang tidak jauh berbedaa. Namun keduanya memiliki kelebihan masing-masing pada fitur yang ditawarkan. Microsoft excel Vs google spreadsheet, manakah  yang lebih bagus untuk digunakan oleh bisnis perusahaan? Nah berikut perbandingan keduanya yang perlu kamu tahu:

1.      Dari Segi Harga

Pertama yaitu dilihat dari segi harga. Seperti yang kita tahu bahwas ebuah perusahaan tidak akan bisa produktif dan berjalan dnegan lancar jika tanpa adanya teknologi berupa software yang mendukung operasionalnya.

Nah untuk membeli lisensi software tidaklah murah. Untuk software dasar yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan yaitu Office. Baik itu dari Microsoft maupun dari Google yang sudah kami jelaskan di atas tadi.

2.      Fitur Kolaborasi

Kedua yaitu dilihat dari fitur kolaborasi. Nah jika kamu bekerja dan sangat emmbutuhkan kolaborasi, tentunya kolaborasi Excel dan Sheets akan memberikan beberapa fitur yang mendukung pekerjaan kamu.

Keduanya bisa memudahkan kamu bekerja baik secara individu maupun secara bersama. Excel dan Google Sheets bisa membantu kamu berkolaborasi secara realtime dan baik.

Untuk cara berbagi file dan berkolaborasi di Microsoft Excel ini kamu cukup mengklik icon share pada bagian pojok kanan atas. Kemudian pilih nama dari kontak list email yang sudah tersedia. Nah pada Microsoft ini menggunakan email Outlook.

Jadi ketika kamu kaan sharing dnegan rekan kerja, pastikan rekan kerja kamu juga menggunakan email dengan @outlook.

Sedangkan untuk cara berbagi file dan berkolaborasi dengan Google Sheets yaitu silahkan pilih kemudian klik icon share yang bewarna biru pada bagian pojok  kanan atas. Lalu silahkan ketik alamat email orang yang ingin kamu bagi.

Jika dilihat dari pertanyaanya lebih bagus manakah Microsoft Excel atau Google Spreadsheet itu memang tergantung bisnis perusahaanya yaitu kebutuhan perusahaanya itu seperti apa. Jadi kedua software tersebut sama-sama bagus dengan beberapa fitur yang dimlikinya.

IKLAN 4

0 komentar