Mengenal Apa Itu Google Form

Sebagian dari Anda mungkin sudah cukup familiar dengan layanan Google Form. Namun, tidak sedikit pula pengguna Google yang masih belum mengenal apa itu Google Form.

Google Form merupakan layanan yang memungkinkan pengguna membuat survey, kuisioner, atau tanya jawab menggunakan formulir online yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Dari form ini, nantinya pengguna bisa mendapat jawaban secara langsung dari audiens.


Kegunaan Google Form

Secara singkat, fungsi dari Google Form yaitu untuk memudahkan pengguna dalam mengumpulkan sekaligus mengoreksi sebuah data. Seluruh data yang terkumpul dari layanan ini bersifat real time, sehingga akurasinya lebih terjamin.

Pengguna Google Form juga tidak perlu lagi mencetak lembaran pertanyaan untuk dibagikan pada target audiens. Jadi, selain menghemat waktu dan tenaga, layanan ini sudah lebih efektif dan hemat biaya.

Cara Membuat Google Form

Setelah mengetahui ap aitu Google Form, pertanyaan selanjutnya yang kerap diajukan para pengguna Google yaitu, bagaimana cara membuat Google Form?

Nah, untuk memanfaatkan layanan dari Google ini, Anda harus menentukan tipe form yang ingin dibuat terlebih dahulu.

Berikut ini panduan lengkap cara membuat Google Form.

Cara membuat Google Form Tipe Kuisioner

1.      Buka Google Docs dan Pilih Template

Buka layanan Google Docs kemudian pilih Form, lalu pilih template yang Anda inginkan. Di sini Anda juga bisa memilih template blank.

2.      Isi Judul dan Diskripsi

 Setelah memilih template, isi bagian judul pada kotak dialog Untitled Form. Sementara diskripsi bisa diisi pada kolom Form Discription.

3.      Membuat Pertanyaan

Langkah selanjutnya yaitu membuat daftar pertanyaan di kolom Question yang berada di bawah kolom Form Description.  

Di sini tersedia beberapa opsi jenis pertanyaan, seperti short answer atau multiple choice. Short answer merupakan jenis pertanyaan yang membutuhkan jawaban singkat dari audiens. Sementara multiple choice adalah pertanyaan yang hanya perlu dijawab, ya, tidak atau mungkin.

4.      Kirim Kuisioner

Terakhir, kirim kuisioner yang sudah Anda buat dengan cara klik tombol Send di bagian kanan atas.

Cara Membuat Google Form Tipe Formulir Pendaftaran

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, untuk membuat Google Form tipe formulir pendaftaran Anda juga mengikuti tahapan sebagai berikut:

1.      Memilih Template

2.      Mengisi judul dan deskripsi formulir pendaftaran

3.      Menyusun pertanyaan

Untuk bagian ini, yang perlu Anda tanyakan antara lain adalah nama, alamat dan informasi lain yang dibutuhkan. Nah, untuk memudahkan penyusunan pertanyaan, Anda bisa memilih jenis multiple choice grid.

4.      Krim dan bagikan formulir pendaftaran.

Secara keseluruhan, cara membuat Google Form tipe kuisioner dan formulir pendaftaran hampir sama. Hanya saja perbedaannya terletak pada penyusunan pertanyaan dan jenis pertanyaan yang dipilih.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat Google Form? Anda bisa memanfaatkan layanan gratis Google ini untuk berbagai keperluan, seperti membuat survei pelanggan, formulir pendaftaran keanggotaan dan lain sebagainya.

IKLAN 4

0 komentar