8 Tips Menata Interior Agar Rumah Nyaman dan Sehat

Tahukah kamu, jika rumah yang rapi dan tertata dengan baik akan membawa pengaruh baik terhadap kesehatan jasmani dan psikologis penghuninya? Dengan desain dan penataan interior yang tepat, rumah akan terasa lebih nyaman dan sehat.

Lalu bagaimana tips menata interior agar rumah nyaman dan sehat? Tentunya ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan hunian impian yang sehat.

Tips Menata Interior Rumah Agar Lebih Nyaman dan Sehat

Dari pada penasaran, yuk langsung saja coba tips menata interior agar rumah nyaman dan sehat berikut ini.

1. Maksimalkan pencahayaan matahari dan ventilasi

Salah satu ciri rumah sehat adalah memiliki sirkulasi udara yang maksimal. Pastikan setiap ruangan memiliki ventilasi untuk jalan keluar-masuknya udara segar.

Selain itu, maksimalkan pula pencahayaan matahari. Bukan hanya akan membuat rumah terasa lebih sehat dan nyaman, namun pencahayaan alami juga akan membantu kamu menghemat biaya listrik.

2. Pilih furniture yang tepat

Pemilihan furniture yang tepat adalah hal krusial yang tak boleh dilupakan jika kamu ingin mendapatkan hunian yang nyaman. Di sini kamu bisa memilih furniture sesuai dengan ukuran dan desain rumah.

Misalnya untuk rumah desain gaya rustic, maka kamu bisa menggunakan furniture berbahan kayu, seperti meja kayu hingga kusen pintu Jepara.

3. Tanaman indoor

Ada begitu banyak jenis tanaman yang cocok digunakan sebagai hiasan indoor. Selain untuk menambah kesan cantik dan alami pada ruangan, tanaman juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara. 

Dari sisi psikologis, tanaman hias juga dapat memberikan kesan rileks dan menghilangkan jenuh, sehingga sangat baik untuk kesehatan mental seseorang.

4. Penempatan furniture

Sebenarnya, penempatan furniture sendiri bisa disesuaikan dengan bentuk dan ukuran ruangan. Hanya saja, untuk memberikan kesan luas dan nyaman, sebaiknya hindari penataan furniture di tengah ruangan. Dengan begitu, ruangan sempit pun akan terasa lebih lega.

5. Pilih meja dan kursi ergonomis

Dewasa ini desain furniture, khususnya meja dan kursi sudah semakin beragam. Kamu bisa memilih meja dan kursi dengan desain ergonomis untuk mendapatkan kenyamanan maksimal.

6. Buat area bersantai

Ruang bersantai sangat penting untuk menambah kenyamanan dan meningkatkan kesehatan mental penghuni rumah. Tak perlu luas dan mewah, kamu bisa membuat ruang bersantai di area yang terbilang sempit sekali pun.

Namun pastikan, area ini menyediakan tempat untuk berbaring, atau sekedar santai menikmati kopi di sore hari.

7. Peredam suara

Jika tempat tinggal kamu berada di kawasan ramai dan bising, pertimbangkan kembali penggunaan peredam suara pada dinding rumah. Dengan begitu, suasana bising di luar rumah tidak akan mempengaruhi kenyamanan dan waktu istirahat kamu bersama keluarga.

8. Pastikan rumah selalu rapi

Kunci terakhir untuk mendapatkan hunian yang nyaman dan sehat adalah, pastikan rumah selalu rapi. Letakkan setiap barang pada tempatnya dan pastikan rumah bersih dari kotoran seperti bungkus makanan, remahan cemilan atau pun debu.

Dengan menerapkan 8 tips menata interior agar rumah nyaman dan sehat di atas, bukan hal mustahil untuk mendapatkan hunian impian.


IKLAN 4

0 komentar