Apa Itu Kalkulator Kehamilan? Apakah Bisa Mengetahui Usia Janin dan Kapan Lahirnya?

Mengetahui usia janin bagi ibu hamil sangatlah penting selama mengandung karena bisa membantu memperkirakan hari kelahiran sang buah hati yang telah ditunggu-tunggu. Ini juga membuat para Ibu bisa mempersiapkan berbagai kebutuhan si kecil sebelum ia lahir. Salah satu teknologi yang mencuri perhatian yaitu kehadiran kalkulator kehamilan.

Memang ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghitung usia janin dalam kandungan salah satunya yaitu dengan memeriksakan kandungan ke dokter kandungan atau bisa juga dengan cara manual yang sering digunakan oleh para ibu hamil. Sudah banyak juga yang menggunakan kalkulator kehamilan.



Cara Manual Menghitung Usia Janin

Sebenarnya jarang ibu hamil mengetahui waktu pastinya mereka hamil. Apabila mengalami kesulitan mengetahui usia kandungan maka juga akan sulit mengetahui hari perkiraan kelahiran. Terdapat beberapa cara manual yang dapat digunakan untuk mengetahui usia kandungan yaitu:

Metode siklus menstruasi

Metode siklus menstruasi adalah metode yang paling umum digunakan karena caranya yang sederhana. Hanya saja metode ini akan lebih tepat apabila dilakukan oleh wanita yang memiliki siklus haid normal yaitu 28-30 hari.

Cara hitung menggunakan metode ini yaitu Anda harus mengetahui hari pertama haid terakhir (HPHT) kemudian ditambahkan 7 dan kurangi 3 pada bulan HPHT lalu tambahkan 1 pada tahun HPHT. Hasil yang didapatkan merupakan hari perkiraan kelahiran buah hati.

Sistem fundus uteri

Metode kedua yang juga sering digunakan yaitu metode dengan meraba rahim di dinding perut buncit ibu. Cara ini memungkinkan ibu untuk merasakan aktivitas janin yang masih dalam kandungan. Bahkan gerakan-gerakan kecil dapat dirasakan. Untuk cara menghitungnya yaitu dengan menghitung jarak dari tulang kemaluan hingga bagian atas rahim. Apabila memiliki jarak 18 cm artinya usia kehamilan yaitu 18 minggu.

Mengenal Kalkulator Kehamilan

Kalkulator kehamilan merupakan suatu program komputer yang dirancang untuk memudahkan perhitungan usia kehamilan bahkan sekaligus dapat memperkirakan hari kelahiran janin. Ada banyak pilihan program yang dapat digunakan baik itu dalam bentuk aplikasi ataupun dalam bentuk website.

Untuk Cara Kerja dan Penggunaan Kalkulator Kehamilan ini juga sangat mudah yaitu dengan memasukkan hari pertama menstruasi terakhir dan jarak hari siklus menstruasi kemudian akan muncul hari perkiraan lahir.

Perlu diingat bahwa hasil dari kalkulator kehamilan bukan merupakan hasil pasti karena merupakan hasil estimasi atau perkiraan. Hingga sekarang ini masih belum ada alat yang bisa benar-benar memastikan tanggal kelahiran yang tepat.

Memang benar bahwa usia kehamilan akan berlangsung selama 40 minggu namun ada banyak faktor yang menyebabkan waktu kelahiran setiap bayi berbeda-beda bahkan ada yang tidak sampai 40 minggu. Untuk patokan usia kehamilan tentu bisa dari jadwal periode masa subur dan menstruasi dengan hitungan dua minggu pertama kehamilan.

Perhitungan usia kehamilan dengan cara manual memang terkadang bisa membingungkan apalagi siklus menstruasi yang terlalu panjang atau pendek. Meskipun begitu, usia kehamilan tetap harus diketahui untuk melihat perkembangan janin apakah normal atau tidak sehingga bisa diberikan penanganan yang tepat.

Manfaat Kalkulator Kehamilan

Penggunaan kalkulator kehamilan memang memiliki peran penting bagi ibu hamil dalam rangka untuk mempersiapkan hari kehamilan. Tentu ada banyak manfaat apabila menggunakan kalkulator kehamilan.

Memperkirakan berat janin

Usia kandungan yang didapatkan dari hasil kalkulator kehamilan bisa digunakan untuk membandingkan berat janin pada saat memeriksa hasil USG ketika melakukan USG. Tentu saja berat janin akan terus bertambah seiring bertambahnya usia kandungan. Apabila berat janin tidak sesuai dengan usia kandungan maka bisa langsung diberikan solusi yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Memperkirakan hari kelahiran

Salah satu tujuan utama menggunakan kalkulator kehamilan yaitu untuk memperkirakan hari kelahiran bayi. Menggunakan kalkulator untuk memperkirakan hari kelahiran akan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan rumus manual contohnya rumus Naegele.

Memperkirakan usia kehamilan

Kalkulator kehamilan juga dapat digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan dengan lebih mudah. meskipun begitu, setelah menggunakan kalkulator kehamilan, sebaiknya tetap melakukan konsultasi untuk melakukan USG sehingga bisa memastikan usia kandungan dengan lebih tepat sekaligus melihat kondisi kesehatan ibu dan janin.

Memperkirakan kenaikan berat badan

Ibu hamil juga perlu memperhatikan berat badan selama masa kehamilan. Biasanya ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan 1-2 kg pada 3 bulan pertama kehamilannya. Sedangkan berat badannya akan naik sekitar 0,5 kg / minggu. Memantau berat badan penting karena dapat membantu mencegah resiko kehamilan dan berat badan juga terkendali yaitu tidak kurang maupun tidak lebih.

Aplikasi Kalkulator Kehamilan

Pregnancy Calculator

Kalkulator kehamilan ini disediakan sebagai program dan harus diunduh sebelum menggunakannya. Dengan cara ini, ibu dapat mengetahui perkiraan kehamilan, usia kehamilan dan perkiraan tanggal lahir. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Cukup masukkan tanggal menstruasi terakhir Anda untuk mendapatkan tanggal perkiraan konsepsi hingga HPL atau due date.

Luvizhea

Kalkulator kehamilan Luvizhea berbasis website. Luvizhea adalah media online yang awalnya dibuat untuk sebagai bentuk apresiasi bagi wanita yang berperan sebagai istri dan juga ibu bagi anak-anaknya. Untuk alasan ini, situs ini menyediakan informasi rinci tentang topik yang berkaitan dengan dunia wanita.

Beberapa topiknya seperti kecantikan, hubungan orang tua-anak, pernikahan, kehamilan, dan berbagai informasi lainnya. Kalkulator kehamilan menghitung usia kehamilan dapat diakses melalui situs web kemudian memasukkan tanggal HPHT dan lama siklus haid kemudian hasilnya akan muncul.

Ibu dan Balita

Ibu dan Balita juga merupakan sistem kalkulator kehamilan berbasis website yang dapat diakses secara gratis. Masukkan HPHT dan siklus menstruasi (rata-rata) untuk menemukan usia kehamilan Anda dengan cepat.

Pregnancy Due Date & Fertility Calculator Tools

Untuk pengguna iPhone dapat mengunduh aplikasi ini. Pregnancy Due Date & Fertility Calculator Tools bukan hanya menghitung usia kehamilan dan tanggal kelahiran bayi tetapi juga memberi tahu Anda kapan masa subur dan ovulasi. Aplikasi ini juga memantau perkembangan bayi Anda dengan mendeteksi tendangan. Ibu cukup memasuki periode menstruasi terakhir dan perkiraan tanggal lahir dan terjadinya pembuahan akan ditampilkan.

Hallobumil

Aplikasi selanjutnya adalah Hellobumil Pregnancy Calculator. Kalkulator kehamilan ini membantu Anda mempelajari tentang sang buah hati mulai dari mempersiapkan kehamilan hingga hamil dan melahirkan. Terdapat 3 tahapan yang ditawarkan yaitu persiapan, kehamilan, dan perkembangan bayi di mana setiap tahap memiliki karakteristik yang berbeda. pada fase persiapan kehamilan, bisa ditandai dengan tanggal terakhir menstruasi sehingga akan muncul kapan masa subur dan usia kehamilan.

Dr Brown's juga akan membantu Anda dalam menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan untuk si kecil dengan berbagai produk-produknya yang berkualitas misalnya seperti botol susu, teether, bahkan hingga humidifier yang tentunya aman untuk bayi.

IKLAN 4

0 komentar