Inilah Beberapa Fungsi Tulang Betis

10 Agustus

Tubuh manusia ada berbagai jenis bagian yang bisa bergerak. Adapun anggota gerak badan yaitu ada anggota gerak badan atas dan anggota gerak badan bawah. Kedua anggota badan inilah yang bisa membuat manusia bisa bergerak dan bisa berkativitas setiap hari.

Seperti contoh anggota gerak bawah ialah kaki. Kaki ini memiliki manfaat untuk membantu berjalan, berlari, memanjat dan lain sebagainya. Adapun susunan kaki manusia ialah ada tiga jenis yaitu tukang kering, tulang betis dan tulang paha.

Perlu kamu tahu bahwa tilang betis merupakan suatu komponen yang terbilang sangat penting dari kaki. Nah tulang betis ini berguna untuk menstabilkan pergelangan kaki dan juga mampu mendukung otot kaki bagian bawah. Tulang betis ini lebih tipis jika dibandingkan dengan tulang kering.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari tulang betis itu sendiri? Tulang betis memiliki banyak fungsi karena tulang betis ini mempunyai kepadatan yang kuat dan juga baik.

Nah berikut ini beberapa fungsi tulang betis yang bisa kamu tahu:

1. Pengatur gerak ketika berjalan

Fungsi pertama ialah untuk pengatur gerak ketika berjalan. Oleh sebab itu tulang betis memiliki peran yang sangat penting karena untuk tulang penggerak tubuh bagian bawah.

2. Menopang berat badan

Fungsi yang kedua ialah mampu menopang berat badan sendiri. Tulang betis juga bisa dikatakan sebagai fungsi sekunder tulang. Selain itu juga bisa memberikan kekuatan otot saat tubuh bergerak.

3. Pelindung kaki

Fungsi ketiga ialah sebagai pelindung kaki. Perlu kamu tahu bahwa tulang betis memiliki fungsi untuk melindungi semua bagian dari kaki manusia.

4. Menstabilkan Kaki Bagian Bawah

Fungsi keempat ialah bisa menstabilkan kaki bagian bawah . Kamu akan  osa merakan pada saat kamu mengatur gerak tubuh saat sedang berjalan. 5. Mendukung tulang kering

Fungsi yang kelima ialah untuk mendukung tulang kering. Perlu kamu tahu bahwa keberadaan tulang kering dan tulang betis saling berkaitan satu sama lain. Oleh sebab itu tulang kering dan tulang betis memiliki peran yang sangat penting untuk menggerakkan tubuh bagian bawah.

6. Membentuk sel darah merah

Fungsi keenam ialah membentuk sel darah merah. Oleh sebab itu kehadiran tulang betis ini sangat penting untuk sistem tubuh manusia.

7. Menjaga keseimbangan tubuh

Fungsi yang ketujuh ialah mampu menjaga keseimbangan tubuh. Kehadiran tulang betis bis amenjaga keseimbangan ketika manusia diam ataupun bergerak dan juga ketika berlari ataupun berjalan.

Oleh sebab itu tulang betis memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh manusia. Jadi untuk menjaga tulang betis dan juga tulang-tulang lainya sangatlah penting untuk tubuh manusia.

Jadi pastikan selalu menjaga tulang agar tetap sehat dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan cara mengkonsumi susu anlene. .

IKLAN 4

0 komentar