Penulisan Lampiran yang Benar Penting Diketahui Semua Orang

Masih banyak yang tidak paham cara penulisan lampiran yang benar, padahal aturan ini sangat penting dipahami, karena banyak dibutuhkan dalam banyak bidang. Misalnya saja ketika Anda ingin membuat surat lamaran pekerjaan, biasanya disertakan juga lampiran dalam surat lamaran tersebut.

Jika Anda salah membuat lampiran pada surat lamaran bisa saja hal ini menjadi faktor penyebab lamaran Anda tidak diterima. Jadi lebih baik pahami aturan yang tepat dalam membuat lampiran tersebut, sehingga penulisan surat atau dokumen dapat diterapkan secara benar.



Sebenarnya penulisan lampiran tidak sulit dan umumnya berlaku pada setiap jenis surat resmi. Penulisan lampiran para surat lamaran memiliki aturan yang sama dengan penulisan lampiran pada surat dinas. Jika Anda menyimak artikel berikut akan semakin paham cara penulisan lampiran yang tepat.

Penulisan Lampiran yang Benar Pada Setiap Jenis Surat

Tentu jika jenis surat yang dimaksud adalah surat formal, maka penulisan lampirannya juga harus menggunakan Bahasa baku dan formal. Ada aturan lain yang juga harus Anda pahami, yakni sebagai berikut.

1.   Pada saat penulisan kata “lampiran” sebaiknya jangan disingkat menjadi “lprn”, atau “lam” karena harus disebutkan secara utuh katanya. Selain itu, penulisan lampiran pada surat juga harus dimulai dengan huruf capital.

2.  Biasanya lampiran dimaksudkan untuk menerangkan berapa jumlah dokumen yang menjadi lampiran pada surat tersebut. Untuk itu, Anda juga harus menyebutkan jumlah dokumen yang menjadi lampiran menggunakan huruf bukan menggunakan angka.

3.   Setelah jumlah lampiran dituliskan, tidak perlu menambahkan tanda “.” (titik) di akhir lampiran, karena hal ini tidak perlu.

4.    Hal lain yang juga harus dicermati pada penulisan lampiran yang benar adalah ketika tidak ada dokumen tambahan yang menjadi lampiran pada surat resmi, maka tidak perlu menyebutkan kata “lampiran” dalam surat tersebut. Jadi di bawah bagian hal surat, langsung isi suratnya saja yang ditulis.

5.  Posisi tepatnya penulisan lampiran pada surat adalah tepat di bawah perihal dan sebelum peruntunkan surat. Jadi ketentuan ini harus Anda pahami agar surat tidak salah kaprah nantinya.

Alasan Penulisan Lampiran Wajib Ditulis dengan Aturan Benar

Lampiran pada surat sering dianggap hanya sebagai pelengkap saja, sehingga kerap diabaikan atau tidak terlalu dicermati konsep penulisannya. Padahal lampiran merupakan hal penting dalam sebuah surat resmi, karena menjadi penunjang keabsahan isi surat tersebut.

Oleh karena itu jika Anda belum paham betul konsep penulisan lampiran yang tepat dan formal, bisa menggunakan jasa pembuatan artikel murah untuk melakukannya, karena jasa ini sudah terbukti mampu membuat surat dan beragam artikel dengan baik dan benar.

Jangan sampai masalah sepele seperti salah membuat lampiran menjadi penyebab surat Anda tidak diterima oleh instansi atau lembaga terkait. Paham cara penulisan lampiran yang benar menunjukkan Anda telaten dan professional dalam penulisan surat.

IKLAN 4

0 komentar