Cara Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa yang Tinggal di Bandung

Mengatur keuangan di perantauan tidaklah mudah. Banyaknya pilihan kuliner dan tempat hang out seringkali membuat kalap. Padahal, menurut gaji UMR Bandung, biaya hidup di kota kembang semestinya tidak jauh berbeda dengan kota lainnya. Jadi, bagaimana cara mengatur keuangan untuk mahasiswa yang tinggal di Bandung?

Jika ingin berhemat dan menyisakan uang untuk menabung, kamu harus menerapkan strategi dalam mengatur keuangan. Untuk membantumu membuat strategi yang tepat, berikut ini dirangkumkan beberapa cara untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa di kota Bandung. Yuk, simak ulasannya seperti yang disadur dari gajipokok.id.

1. Tuliskan Sumber Pendapatan

Cara mengatur keuangan untuk mahasiswa yang tinggal di Bandung pertama adalah menuliskan sumber pendapatan. Biasanya mahasiswa masih mendapatkan dukungan finansial dari keluarga. Namun ada juga mahasiswa yang sudah dapat memiliki penghasilan. Misalnya dari bekerja paruh waktu, menjadi tutor, dan sebagainya.



Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menuliskan sumber pendapatanmu beserta jumlahnya. Menuliskan sumber penghasilan beserta jumlahnya dapat membantu untuk menganggarkan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan kampus.

2. Buatlah Rencana Anggaran Keuangan

Berikutnya, buatlah sebuah rencana anggaran. Tuliskan apa saja pengeluaran yang kamu butuhkan. Misalnya sepert: 1) kebutuhan kuliah; 2) makan; 3) transportasi; dan 4) kebutuhan bulanan. Ini dapat membantumu untuk membagi dana yang tersedia untuk memenuhi semua kebutuhanmu.

Buatlah perhitungan rata-rata jumlah dana yang dibutuhkan untuk masing-masing poin. Misalnya untuk kebutuhan makan. Dalam sekali makan setidaknya kamu menghabiskan Rp 20.000 maka untuk kebutuhan 1 hari makan dibutuhkan Rp 60.000. Jika dibulatkan, dalam sebulan kamu membutuhkan Rp 1,8 juta.

Apabila kamu kesulitan untuk menyisakan sejumlah dana tersebut untuk kebutuhan makan, kamu dapat menekannya. Misalnya dengan membatasi kebutuhan makan menjadi Rp 15.000 per sekali makan. Dengan demikian, kamu dapat menghemat sekitar Rp 450.000 per bulan.

Hal penting yang tidak boleh terlewatkan dalam membuat rencana anggaran adalah pengaturan prioritas. Pastikan untuk mendistribusikan dana yang tersedia sesuai dengan urutan prioritas. Misalnya kamu dapat mengurangi biaya transport maka sudah semestinya untuk mengalihkan sisanya ke anggaran kebutuhan lain yang lebih urgent.

3. Sisihkan Dana Cadangan

Ingat, sisihkan pos untuk dana cadangan. Ada kalanya hal tidak terduga terjadi, misalnya seperti ban bocor, sakit, dan sebagainya. Agar anggaran yang telah kamu susun tidak rusak, sebaiknya sisihkan anggaran untuk dana cadangan. Usahakan agar menggunakan dana ini untuk hal-hal yang mendesak saja.

4. Simpan Dana Tabungan

Setiap mahasiswa pasti mempunyai cita-cita atau keinginan yang ingin diwujudkan setelah menyelesaikan pendidikannya. Sisakan dana dari anggaran sebagai tabungan. Kamu dapat memanfaatkan dana ini untuk membangun usaha, berinvestasi, dan sebagainya. 

Itulah beberapa cara mengatur keuangan untuk mahasiswa yang tinggal di Bandung. Sebenarnya, cara di atas bukan hanya untuk mahasiswa Bandung. Mahasiswa di daerah lain juga sangat disarankan untuk mengikuti cara di atas agar dapat berkuliah dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

IKLAN 4

0 komentar