Apakah Bekerja di BUMN Mendapatkan Gaji yang Lebih Tinggi?

 Kerja di BUMN memang menjadi salah satu pencapaian karier yang banyak diinginkan anak muda Indonesia. Kebanyakan orang tua berharap jika anaknya bisa bekerja di perusahaan berplat merah. Tidak mengherankan jika ada banyak sekali orang berbondong-bondong melamar kerja karena gaji di BUMN terbilang cukup menjanjikan.

Pada setiap program recruitment BUMN, peminatnya pun selalu membludak. Bahkan ada beberapa perusahaan yang harus menutup pendaftarannya sebelum tanggal yang ditentukan karena kuota sudah terpenuhi. Bukan hanya soal gaji, alasan lain mengapa BUMN cukup diminati karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. 

Lantas sebenarnya berapa sih rincian gaji kerja di BUMN yang bisa diperoleh seorang karyawan? Selain itu, apa kelebihan kerja di BUMN yang membuat banyak orang berambisi untuk mengejarnya? Berikut beberapa penjelasannya. 

Keuntungan Menjadi Pegawai BUMN



Pada dasarnya bekerja di berbagai perusahaan BUMN tidak jauh berbeda dengan menjadi ASN maupun PNS. Esensi pegawai BUMN adalah untuk mendukung program pembangunan nasional. Namun ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dengan menjadi pegawai BUMN. Berikut beberapa keuntungan tersebut. 

  1. Jenjang Karier Lebih Luas

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan adalah memiliki jenjang karier yang jauh lebih luas. Bekerja di berbagai perusahaan BUMN membuat seseorang memiliki kesempatan untuk bisa meniti karier hingga menuju atas. Kenaikan jenjang karier ini juga akan diimbangi dengan kenaikan gaji dan tunjangan yang bakal diterima. 

  1. Menawarkan Gaji Besar

Keuntungan selanjutnya menjadi pegawai BUMN adalah memiliki rentang gaji yang cukup tinggi. Rata-rata gaji staff administrasi BUMN berkisar antara Rp 4-6 juta. Gaji ini tentu lebih tinggi sebesar 11% dari rata-rata nasional. Kisaran gaji yang ditawarkan juga relatif berbeda sesuai dengan bidang dan sektor BUMN yang digeluti. 

  1. Menawarkan Tunjangan Besar

Bukan hanya mampu memberikan gaji tinggi saja, alasan lain mengapa banyak orang ingin menjadi pegawai perusahaan BUMN yakni karena adanya tunjangan serta remunerasi yang terbilang cukup menggiurkan. Tunjangan memang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja terutama bagi kamu yang sudah berkeluarga. 

Salah satu alasan utama mengapa perusahaan berstatus BUMN memberikan tunjangan kepada para pegawai adalah agar karyawannya bisa bekerja dengan rasa aman dan nyaman. Bahkan mereka tidak perlu lagi memikirkan berbagai risiko secara berlebihan. 

  1. Jaminan Hari Tua

Selama menjadi karyawan di perusahaan BUMN kamu akan mendapatkan jaminan hari tua. Tunjangan hari tua tersebut bisa berupa pensiunan ataupun pesangon. Pesangon diberikan sekali seumur hidup jika akan pensiun dan memiliki jumlah yang lebih besar. Sedangkan pensiunan akan diberikan secara berkala dalam jangka waktu tertentu, namun jumlahnya relatif kecil. 

  1. Menawarkan Jenjang Studi

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan jika menjadi karyawan BUMN adalah kesempatan untuk bisa menuntut ilmu lebih tinggi. Sebab ada beberapa perusahaan BUMN yang menyediakan fasilitas beasiswa bagi para pegawainya. Beberapa beasiswa disediakan bagi para pegawai yang ingin meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi, baik itu S2 ataupun S3. 

Bukan hanya menawarkan gaji yang cukup menggiurkan saja. Ternyata ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjadi karyawan perusahaan BUMN. Melihat beberapa keuntungan tersebut apa kamu juga tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan BUMN? 


IKLAN 4

0 komentar