Olahan Masakan Lezat Dengan Ikan Nila

Para pencinta kuliner ikan tentu pasti tahu kenikmatan dari santapan atau hidangan ikan nila. Apa lagi jika ikan nila ini dikreasikan dengan ragam bumbu kaya rasa. Maka tentu akan makin lezat sajian ikan nila tersebut. Kamu pun dapat mengolah ikan ini menjadi beberapa macam sajian untuk anda sendiri atau keluarga. Berikut ini resep olahan ikan nila yang pastinya lezat.

Pesmol Spesial Ikan Nila

Banyak sekali pecinta ikan nila yang membuat masakan dengan ikan tersebut berupa pesmol. Sangat lezat pesmol nila ini dan cukup mudah membuatnya.

Bahan-bahan utama yang diperlukan

Siapkan ikan nila 1 ekor yang ukuran besar dan yang sudah juga dibersihkan. Lalu siapkan juga air 350 ml, jeruk nipis 1 buah dan tomat 1 buah yang dipotong-potong. Siapkan juga untuk hidangan ikan nila ini cabai rawit 10 buah, daun bawang 2 batang yang diiris, lalu kaldu bubuk 1 sdt, gula pasir, secukupnya minyak dan secukupnya garam.

Bahan untuk bumbu halus

Ada pun bahan untuk bumbu halus pesmol ikan nila ini yaitu bawang merah 5 siung, bawang putih 3 siung, cabai merah 3 buah dan jahe 2 cm. Bahan lain yaitu kunyit 2 cm dan kemiri 3 buah.

Cara membuat

Anda bisa masukkan ikan nilanya dalam wadah, lalu kemudian lumuri memakai air dari perasan jeruk nipis serta garam, lalu diamkan sebentar. Langkah selanjutnya ialah panaskan minyak, dan lalu gorenglah ikan nila asmpai warnya kuning kecokelatan. Lalu setelah matang, maka angkat dan lalu sisihkan. Tahap berikutnya, yaitu panaskan minyak sedikit, dan tumis bumbu halusnya hingga matang, serta tambahkan air. Lanjut dengan masukkan tomat, cabe rawit, garam, kaldu bubuk, gula pasir dan daun bawang. Masaklah hingga airnya menyusut. Lalu setelah ikannya matang dan juga bumbu meresap, anda bisa angkat dan lalu sajikan pesmol spesial ikan nila ini.

Ikan Nila Spesial Asam Manis

Aneka masakan berbahan dasar ikan nila lainnya untuk menu sehari-hari anda bisa juga dengan versi asam manis.

Bahan-bahan utama yang diperlukan

Anda bisa siapkan ikan nila 2 ekor yang telah dibersihkan, jeruk nipis 1/2 buah, bawang putih 3 siung, merica 1/2 sdt danketumbar 1/2 sdt. Jangan lupa siapkan garam 1/2 sdt , secukupnya minyak dan secukupnya cuka

Bahan untuk saus spesial asam manis

Untuk sausnya, siapkan bawang bombay 1/2 buah yang diiris, saus tomat 2 sdm , cuka 1 sdt , nanas 50 gram dipotong-potong, larutan maizena 1 sdm dan saus sambal 3 sdm.

Cara membuatnya

Anda bisa mulai dengan lumuri ikan dengan memakai air jeruk nipis, lalu kemudian diamkan 10 menit. Selanjutnya haluskan ketumbar, garam, merica, dan juga bawang putih serta ditambahkan air. Lalu kemudian lumuri ikannya dengan memakai bumbu halus. Panaskanlah minyak, dan goreng ikan nila hingga sampai matang, lalu diangkat dan bisa ditiriskan. Kembali panaskan minyak, dan tumislah bawang bombay asmpai harum, lalu juga tambahkan nanas. Selanjutnya masukkan saus sambal dan saus tomat dan aduk-aduk. Selanjutnya tambah larutan maizena, dan aduk sampai tercampur rata. Anda bisa masukkan cuka secukupnya, kemudian diaduk-aduk, diamkan sampai matang. Tuanglah saus ke bagian atas ikan nila goreng, lalu bisa disajikan hidangan ikan nila spesial asam manis ini yang pastinya lezat.


IKLAN 4

0 komentar