Tips Membuat Foto Lebih Aestetik dengan Bokeh

Bokeh merupakan kata yang sangat hits di dunia fotografi saat ini. Seperti yang kita tahu, bokeh berasal dari bahasa Jepang yang artinya kabur atau kabut.

Efek tersebut memberi penekanan kepada kualitas estetika yang ditampilkan dari sisi keburaman area yang berada di luar fokus foto utama.

Keberhasilan efek dapat dilihat dari mana kamu membuat background bisa terpisah dari objek foto tertentu. Yang akhirnya bisa memberi kesan kedalaman yang sangat unik.


Tips Agar Membuat Foto Bokeh Menjadi Keren, Menarik dan Aesthetic

Tidak semua pengguna kamera atau smartphone dapat memotret foto bokeh seperti yang mereka mau. Karena tingkat kesulitan pengambilan foto memang sangat tinggi.

Biasanya hanya para fotografer profesional saja yang bisa mendapat objek foto bokeh dengan baik. Bagi pemula yang ingin belajar, kami akan membantumu.

Ada beberapa tips yang dapat digunakan supaya foto bokeh yang kamu ambil menjadi aesthetic dan pastinya menarik. Berikut beberapa tips yang kami maksud seperti yang disadur dari situs gentlemancode

  1. Perhatikan kedalaman bidang foto

Pertama, kamu harus memperhatikan dan mengontrol depth-of-field dengan baik. Sesuaikan dengan aperture kamera yang kamu gunakan supaya menghasilkan efek foto buram yang sesuai.

Hal tersebut tentunya sangat bergantung pada lensa yang kamu gunakan ketika memotret. Juga disesuaikan dengan sumber cahaya yang kamu dapatkan.

Kadang kamu hanya perlu mendekatkan bagian subjek tertentu ke lensa agar bagian latar belakang menjadi buram. Kepekaan seni fotografi juga penting di sini.

  1. Pisahkan objek dari bagian background

Sebelum memotret objek tertentu, pastikan memisahkan objek foto yang ingin diambil dengan bagian background di belakang foto tersebut.

Intinya, semakin jauh objek gambar dari background yang diambil, akan semakin besar kemungkinan efek bokeh yang dapat kamu ambil juga.

Salah satu cara terbaik adalah dengan mencoba memperkecil jarak antara kamera dan juga objek yang ingin diambil gambarnya.

  1. Pakai lensa zoom jika ada

Saat ingin mengambil foto bokeh, disarankan untuk menggunakan lensa dengan fokus agak lebih panjang dibanding biasanya.

Hal tersebut bertujuan agar efek bokeh yang diambil bisa lebih menarik dan berbeda dengan efek bokeh lainnya.

Agar mendapat efek tersebut, disarankan memakai lensa zoom. Tapi ingat, gunakan lensa ini dengan bijak sesuai setting yang diperlukan. Jangan sampai terlalu berlebihan.

  1. Gunakan Tripod

Agar foto bokeh yang diambil lebih jelas dan tidak rusak, disarankan mengambil foto memakai tripod sebagai penyeimbang kamera atau smartphone.

Tujuannya agar kamera atau smartphone dapat distabilkan sesuai dengan yang kamu butuhkan. Perbedaan foto yang memakai tripod dan tanpa tripod sangat jelas.

Tak hanya itu, tripod juga berguna untuk memberi hasil foto yang lebih fokus dan tajam pada objek gambar.

Membuat foto Bokeh jadi lebih aesthetic dan menarik bukan hal yang sulit asalkan kamu bisa mengambil seni fotografi dengan baik.

IKLAN 4

0 komentar