Macam-macam Sajian Nasi Tumpeng Untuk Berbagai Acara

02 Juli

Macam-macam Sajian Nasi Tumpeng Untuk Berbagai Acara -Nasi tumpeng identic nasi yang bewarna kuning yang digunakan untuk sajian perayaan-perayaan tertentu seperti tasyakuran, perayaan ulang tahun, dan perayaan – perayaan lainya.

Nasi tumpeng merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang melegenda. Jika kamu merasa kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri dirumah, kamu bisa memesan nasi tumpeng di RumahTumpeng.

Di rumah tumpeng meneydiakan berbagai menu nasi tumpeng yang bsia kamu sesuaikan budget kamu karena di rumah tumpeng menyajikan banyak aneka nasi tumpeng sesuai permintaan kamu. Kamu bisa memesan nasi tumpeng untuk acara-acara penting kamu.

Ada banyak macam sajian nasi tumpeng untuk berbagai acara yang bisa kamu pilih dengan mudah dan tentunya tanpa repot membuat sendiri dirumah. Rumah tumpeng merupakan ahli membuat nasi tumpeng dengan berbagai jenis nasi tumpeng yang bisa kamu pilih loh.

Nah berikut ini beberapa jenis nasi tumpeng khas Indonesia yang bisa kamu pilih sesuai keinginan untuk acara kamu:

1.      Tumpeng Pukur

Pertama ialah tumpeng pukur. Tumpeng pungkur ini bukan nasi kuning seperti nasi tumpeng lainya karena nasi pungkur memakai nasi putih yang mana nantinya ansi putih tersebut dibelah menjadi dua bagian.

Kemudian nai tersebut akan disusun saling membelakangi. Nah nasi tumpeng jenis ini biasanya sering dijumpai pada acara kematian sebagai simbol tolak balak.

2.      Tumpeng Kaparunto

Kedua ialah tumpeng kaparunto. Tumpeng ini tidak memiliki warna nasi yang kuning ataupun putih, melainkan nasi tumpeng yang bewarna biru. Nah tumpeng kaparunto ini biasanya digunakan untuk symbol permintaan maaf.

Tumpeng jenis ini terdapat tujuh jenis lauk pauk di skeitar nasi tumpeng dan nasi tumpeng kaparunto ini memiliki warna biru alami yang dibuat dari bunga telang.

3.      Tumpeng 7 bulan

Ketiga ialah tumpeng 7 bulan. Jenis tumpeng ini ialah memiliki ciri khas nasi tumpeng yang bewarna putih yang dibentuk kerucut. Jenis tumpeng ini biasanya digunakan untuk memperingati acara 7 bulanan ketika ada seorang wanita yang sedang hamil 7 bulan.

Nah warna putih pada nasi ini tentunya memiliki simbol yaitu rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang selalu mengharapkan kebaikan serta Kesehatan kepada ibu dan calon bayi yang ada didalam kandungan.

Nah nasi tumpeng 7 bulanan ini biasanya sering digunakan oleh orang Jawa yang masih memakai adat Jawa dengan tradisi leluhurnya.

4.      Tumpeng Robyong

Keempat ialah tumpeng robyong. Nah jenis nasi tumpeng ini ialah memiliki ciri khas yang memakai daun kelapa untuk menghias tumpeng tersebut dan juga terdapat lidi yang ada kapasnya yang anntinya akan dibakar dan diletakkan di empat sudut yang berbeda.

Nah tumpeng robyong ini biasanya digunakan untuk menyambut masa panen dan juga sebagai wujud rasa syukur kepada sang Pencipta.

IKLAN 4

0 komentar