Manfaat Air Purifier Bagi yang Punya Hewan Peliharaan Di Rumah

Memiliki hewan peliharaan di rumah memang menyenangkan untuk beberapa orang. Tapi, tahukah Anda bahwa ada banyak bulu hewan yang akan tertinggal di berbagai tempat? Misalnya di sofa, kasur, atau mungkin karpet. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menggunakan penjernih udara dengan baik. Manfaat air purifier bagi yang memiliki hewan peliharaan sangat banyak, terutama untuk menghilangkan bulu-bulu hewan.

Hewan peliharaan memang harus dirawat dengan baik, tetapi Anda juga perlu merawat kesehatan diri dan keluarga sebaik mungkin. Sebab bulu-bulu hewan bisa mengakibatkan asma, alergi, atau masalah kesehatan lainnya yang mungkin bisa muncul.

Apakah Bulu Hewan Peliharaan Berbahaya?

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa bahaya kesehatan yang disebabkan oleh bulu hewan. Sehingga Anda harus lebih berhati-hati lagi. Di antara bahaya-bahaya bulu hewan antara lain:

1.    Mengandung Bakteri

Bulu hewan yang sering beterbangan mengandung bakteri, sehingga berbahaya apabila dihirup oleh hidung. Hewan selalu menjadi salah satu tempat bakteri berada, misalnya bakteri berupa Salmonella dan E. coli, di mana kedua bakteri tersebut bisa menyebabkan diare yang parah sehingga bisa membahayakan kesehatan manusia.

Itulah kenapa selalu muncul anjuran bahwa Anda harus rajin mencuci tangan setelah bermain dengan hewan peliharaan. Tetapi tetaplah berhati-hati pada bulu hewan yang beterbangan.

2.    Memicu Alergi

Ada banyak jenis alergi yang dialami oleh seseorang. Penyebabnya juga bervariasi, mulai dari serbuk sari, debu, makanan tertentu, bahkan bulu hewan. Gejalanya juga macam-macam, ada yang bersin, gatal-gatal, bengkak, dan masih banyak lagi.

Jika Anda atau salah satu anggota keluarga menderita alergi tertentu, menghindarkan diri dari bulu hewan sudah menjadi anjuran. Tetapi jika ingin tetap memelihara hewan di dalam rumah, sebaiknya lebih berhati-hati dalam merawatnya agar bulu hewan tidak beterbangan.

3.    Membawa Parasit

Jika Anda memiliki kucing di dalam rumah, waspadalah terhadap parasit Toxoplasma gondii yang bisa menyebabkan Toksoplasmosis. Parasit ini biasa dijumpai pada kotoran kucing terinfeksi sehingga bisa menular ke manusia.

Anda dan keluarga harus melindungi diri dari penyakit ini karena bisa menyebabkan keluhan yang serius untuk para ibu hamil maupun orang-orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

4.    Menyebabkan Kurap

Masalah satu ini juga menjadi hal serius yang perlu Anda perhatikan sebaik mungkin. Ternyata hewan bisa menularkan penyakit kurap ke manusia, dan yang paling sering adalah lewat kucing. Jika Anda memiliki kucing di rumah, sebaiknya rajin membersihkan bulunya dan memandikannya dengan rutin, sebab bila tubuhnya basah bisa memicu kurap yang akhirnya bisa ditularkan ke manusia.

Bagaimana Cara Menjaga Diri Dari Hewan Peliharaan?

Meskipun Anda sangat sayang dengan hewan peliharaan, tetapi harus tetap menjaga diri agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan. Apalagi banyak hewan yang bisa menularkan penyakit kepada manusia.

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga diri dari penyakit yang dibawa oleh hewan. Sejumlah cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Rajin Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sepertinya memang menjadi kewajiban sehari-hari. Hal itu juga berlaku bagi Anda setelah menyentuh hewan peliharaan.

Bukan hanya setelah menyentuh hewan peliharaan saja, tetapi juga setelah Anda membersihkan kandang hewan peliharaan. Pastikan Anda menerapkan kebiasaan ini sebaik mungkin, serta mengajak seluruh anggota keluarga untuk melakukan hal yang sama.

Jangan Tidur Bersama Hewan Peliharaan

Mungkin beberapa orang merasa senang tidur bersama hewan peliharaannya, tetapi Anda seharusnya tidak melakukannya. Jangan biarkan hewan peliharaan masuk ke kamar dan tidur bersama Anda, sebab bulu kucing bisa rontok dan menempel di sprei atau selimut yang tengah Anda gunakan.

Sebaiknya memang menyiapkan kandang pribadi untuk hewan peliharaan tidur, supaya tidak ikut Anda di dalam rumah.

Rajin Membersihkan Hewan Peliharaan

Jangan lupa untuk membersihkan hewan peliharaan dengan rutin. Gunakan air bersih dan sampo khusus sehingga hewan peliharaan Anda bisa bersih optimal. Kebersihan hewan peliharaan baik untuk mengurangi risiko berkembangnya parasit, jamur, maupun bakteri pada tubuh hewan peliharaan.

Menggunakan Air Purifier

Tips berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan air purifier di dalam ruangan. Sebab bulu-bulu hewan pasti akan tetap ada di dalam rumah jika Anda memiliki hewan peliharaan. Pilih penjernih udara terpercaya yang memiliki fitur HEPA sehingga mampu membersihkan debu, kotoran, polutan, serta bulu hewan dengan maksimal.

Apa Saja Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan?

Air purifier sangat dianjurkan untuk digunakan oleh Anda yang memiliki hewan peliharaan di dalam rumah. Apalagi jika sering bermain bersama.

Penjernih udara bekerja dengan cara menyaring udara yang kotor dan menggantinya dengan udara yang bersih. Udara yang terkontaminasi itu bisa disebabkan oleh bulu hewan, debu, bakteri, asap rokok, dan masih banyak lagi.

Jadi, tidak hanya bermanfaat untuk memusnahkan bulu hewan saja, tetapi juga melenyapkan debu dan kotoran lainnya. Sehingga Anda dan keluarga bisa lebih sehat.

Secara singkat, manfaat air purifier untuk kesehatan yaitu:

  • Memusnahkan debu dan polutan yang akan dihirup manusia. Sehingga udara yang dihasilkan lebih jernih dan layak untuk dihirup.
  • Memberikan aroma wangi di dalam ruangan.
  • Menghilangkan asap rokok atau atau zat kimia di dalam ruangan.
  • Mengurangi risiko penyakit asma.
  • Meminimalisir kambuhnya penyakit asma.

Bagaimana Cara Kerja Air Purifier?

Air purifier sering disamakan dengan Air Conditioner, padahal keduanya adalah benda yang berbeda. AC merupakan alat yang digunakan untuk mendinginkan ruangan, sedangkan Air Purifier merupakan penjernih udara yang biasa digunakan untuk menghasilkan udara bersih di dalam rumah.

Cara kerjanya juga cukup sederhana, yaitu Anda tinggal menjalankannya di dalam ruangan. Beberapa saat kemudian udara yang ada di dalam ruangan tersebut akan tersedot, karena di dalam air purifier terdapat kipas dan filter yang ada di bagian belakang.

Setelah itu, udara akan disaring kemudian dikeluarkan kembali lewat penyalur udara yang letaknya di depan. Udara yang dihasilkan akan lebih bersih dan jernih.

Rekomendasi Air Purifier Terbaik

Membahas tentang produk air purifier terbaik, Anda bisa memilih DREW Care Air Purifier yang telah dipercaya oleh banyak orang. Alat ini memiliki berbagai fitur menarik yang bisa menghasilkan udara bersih untuk Anda hirup bersama keluarga, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah.

Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh adalah ukurannya yang ringkas sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Terdapat fitur HEPA H13 yang bisa membersihkan partikel udara sampai dengan 99.97%.

Desain yang diberikan juga lebih elegan, dengan warna putih dan abu-abu yang sangat berkelas. DREW Care Air Purifier juga mempunyai fitur night light yang bisa Anda jadikan sebagai lampu malam, sangat cantik untuk dilihat.

Dengan DREW Care Air Purifier, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat penjernih udara meskipun punya hewan peliharaan di rumah.

IKLAN 4

0 komentar