Penyebab dan Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

Jangan meremehkan rasa pahit yang muncul di mulut dalam waktu lama. Sebab, hal itu bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, entah itu dalam jangka pendek maupun panjang.

Rasa pahit di mulut biasanya terjadi karena mulut seseorang tengah mengalami sensitivitas terhadap senyawa pemicu rasa pahit bernama phenylthiocarbamide (PTC). Masih banyak penyebab lainnya dari rasa pahit di mulut, beberapa di antaranya adalah:

1. Kondisi Mulut yang Kurang Bersih

Kamu yang kurang menjaga kebersihan mulut harus berhati-hati, karena hal itu rupanya bisa memicu munculnya rasa pahit di mulut. Mulut yang kebersihannya kurang terjaga membuat bakteri bermunculan dalam jumlah banyak. Jika dibiarkan, bakteri itu akan menimbulkan rasa pahit di mulut dan membuat mulut jadi bau. Dalam jangka panjang, bakteri-bakteri itu juga bisa memicu radang gusi dan gigi berlubang, apalagi kalau kamu tidak mampu mengatasi bakteri-bakteri itu.

2. Sariawan

Selain membuat mulut terasa nyeri, sariawan juga bisa menimbulkan rasa pahit di mulut. Apalagi jika sariawan yang muncul disebabkan oleh infeksi jamur. Bila tidak diatasi, hal tersebut akan membuat nafsu makan menurun.

3. Asam Lambung atau GERD

Asam lambung atau GERD merupakan penyakit yang disebabkan mengalirnya asam lambung berbagai saluran makanan. Aliran asam lambung itu bisa menimbulkan sejumlah hal, salah satunya tentu membuat mulut bisa memunculkan rasa pahit. Asam lambung sendiri bisa disebabkan oleh pola makan yang berantakan, stres, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan asam atau pedas.

3. Konsumsi Vitamin dan Mineral yang Kurang

Seperti halnya sariawan, rasa pahit di mulut juga bisa disebabkan kurangnya mengonsumsi zat-zat tertentu. Khusus untuk rasa pahit di mulut, gejala itu biasanya muncul ketika kita kurang mengonsumsi vitamin dan mineral. Padahal, dua zat itu sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut.

Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

Setelah tahu beberapa penyebabnya, kini kita cari tahu bagaimana cara menghilangkan pahit di mulut. Setidaknya ada enam cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa pahit di mulut, yaitu:

  • Rajin menyikat gigi dan berkumur setidaknya 2 kali sehari.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin (terutama B12) dan mineral.
  • Jangan terlalu banyak menyantap makanan pedas atau asam.
  • Mengantisipasi stres yang tengah melanda.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan yang memicu rasa pahit di mulut, seperti lisinopril dan amoxilin.
  • Sembuhkan sariawan, entah dengan obat-obatan alami maupun obat rekomendasi dokter.

Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas tapi masih belum berhasil, kamu bisa meminta bantuan dokter untuk mengatasinya.

Penutup

Walau terlihat sepele, rasa pahit di mulut rupanya bisa menimbulkan efek negatif, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Rasa pahit di mulut sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, entah itu sariawan, asam lambung, atau kebersihan mulut yang tidak terjaga. Untuk menghindari gejala rasa pahit di mulut, kamu harus melakukan berbagai langkah untuk menghilangkannya. 

IKLAN 4

0 komentar