Apa Penyebab dan Cara Mencegah Sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang sering dialami di mulut. Biasanya, penyakit ini muncul di bawah gusi, lidah, atau bagian dalam pipi. Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan sariawan. Lalu, apa saja penyebab-penyebabnya dan bagaimana cara move on dari gejala tersebut?

Penyebab dari Sariawan


Sariawan sebetulnya hanya disebabkan oleh satu hal, yaitu stomatitis alias peradangan pada mulut. Stomatitis sendiri terdiri atas dua jenis, yaitu canker sores dan cold sores.

Canker Sores

Ini merupakan stomatitis yang paling sering menyebabkan sariawan. Stomatitis ini sendiri biasanya berbentuk benjolan bulat atau oval berwarna putih, serta dibatasi oleh lingkaran kemerahan. Benjolan itu nantinya akan muncul di langit-langit mulut, di bawah lidah, atau gusi.

Bila kamu mengalami jenis stomatitis ini, mulutmu akan terasa nyeri dan kesulitan untuk mencerna makanan apa pun. Kendati begitu, kamu tak perlu terlalu cemas, karena stomatitis ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Tentu dengan catatan stomatitis ini tergolong kasus minor. Sebab, bila canker sores yang kamu alami tergolong kasus mayor, proses penyembuhannya butuh waktu sampai 6 bulan dan tentu kamu harus meminta bantuan dokter untuk menyembuhkannya.

Ada beberapa faktor yang bisa membuatmu mengalami stomatitis ini, mulai dari kurangnya asupan vitamin atau nutrisi tertentu, sampai alergi dan bagian mulut yang tidak sengaja tergigit.

Cold Sores

Kebalikan dari stomatitis sebelumnya, jenis stomatitis ini tergolong susah disembuhkan dan berbahaya. Gejala yang ditimbulkan jenis stomatitis ini biasanya adalah ulkus atau luka yang bergerombol di dalam mulut secara tidak beraturan dan berjumlah banyak. Bisa juga berupa lepuhan berisi cairan di luar mulut yang bisa pecah saat digaruk. 

Bila dibiarkan, gejala tersebut bisa menimbulkan beberapa hal, mulai dari demam tinggi, gusi bengkak, sampai kesulitan makan dan produksi air liur berlebih. Penyebab utama jenis stomatitis ini sendiri tak lain virus herpes 1. Kamu mesti meminta bantuan dokter untuk menyembuhkannya, karena jenis stomatitis ini bisa menular ke orang lain.

Cara Mencegah Sariawan

Melakukan langkah pencegahan sedini mungkin adalah solusi terbaik untuk menghindari gejala sariawan. Di bawah ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sariawan:

  • Rutin menjaga kesehatan mulut dan gigi.
  • Berhati-hati selama mengunyah makanan.
  • Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, zat besi, dan/atau asam folat.
  • Sebisa mungkin menghindari kontak dengan penderita sariawan yang disebabkan oleh cold sores.
  • Rutin minum air putih.
  • Rajin mencuci tangan.

Kurang lebih seperti itulah pembahasan mengenai penyebab sariawan serta cara mencegahnya. Semoga bisa menambah wawasanmu soal sariawan, serta membantumu untuk tahu bagaimana cara mengatasi gejala tersebut. Sampai ketemu di artikel kami selanjutnya!

IKLAN 4

0 komentar